Lilik Sujandi. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi (Kemenkumham) Sulteng, Lilik Sujandi, mengajak pihak-pihak terkait bersama-sama menyelamatkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dari peredaran narkoba.

“Mohon maaf, selama ini Lapas diasumsikan sebagai sarang narkoba, ada yang makai,” ucap Lilik di Palu, Selasa 16 November 2021.

Menurutnya, hal ini juga dampak dari posisi Sulawesi Tengah yang tercatat urutan empat sebagai penyalahguna narkoba se-Indonesia. Posisi Sulteng tepat di bawah DKI Jakarta dengan populasi pendudukan 10 juta lebih. Sementara Sulawesi Tengah hanya berpenduduk sekitar 3 juta jiwa.

“Artinya apa, setiap 50 orang dari kita, di situ ada satu pemakai, begitu hitungnya,” ujar Kakanwil.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Sunar Agus, meminta Kepala Lembaga Pemasyarakatan Palu mencegah peredaran narkoba di Lapas.

“Kepala Lapas sebagai penentu, sebagai pengambil kebijakan, dan sebagai pengawas serta pimpinan tertinggi di Lembaga diharapkan dapat lebih mengontrol pegawainya, memaksimalkan dan memotivasi kinerja pegawai untuk dapat bekerja maksimal dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan yang berlaku. Sehingga Lapas Kelas IIA Palu dapat terhindarkan dari gangguan keamanan dan ketertiban serta mencegah peredaran Narkoba di dalam Lapas,” ucapnya saat memimpin apel di Lapas Palu, baru-baru ini.

Sunar optimis jajaran Lapas Palu bisa komitmen menjalankan tugas sesuai rambu-rambu yang berlaku.

“Saya percaya masih banyak orang baik di Lapas ini. Mari kita jangan menutup mata terhadap hal-hal yang tidak baik dan bertentangan dengan aturan. Karena tonggak dan kunci suksesnya dari sebuah Lembaga Pemasyarakatan adalah Kepala Lapas beserta seluruh pegawainya,” tandas Sunar.

Sunar mengungkapkan pihaknya tengah bekerja keras untuk memberantas peredaran narkoba di lingkungan Lembaga Pemasyarakat (Lapas) dan Rutan. Semua Lapas dan Rutan ditarget bisa bersih dari narkoba (bersinar).

“Saya targetkan harus bersih, bersih, dan bersih semua Lapas dan Rutan,” ungkap Sunar, Rabu 10 November 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas