Arman Maulana. (Foto: Istimewa)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Parigi Moutong Arman Maulana mengatakan, pihaknya membatalkan rencana penarikan retribusi parkir di tepi jalan desa Toboli Kecamatan Parigi Utara.

“Sebab itu merupakan jalan nasional, sehingga tidak menjadi kewenangan daerah untuk mengelolanya. Untuk itulah, kami membatalkan rencana penarikan retribusi parkir di tepi jalan desa Toboli itu,” kata Arman Maulana, baru-baru ini di Parigi.

Selanjutnya kata dia, keputusan pembatalan tersebut diambil pihaknya setelah melakukan koordinasi dengan pihak Lalulintas Polda Sulteng dan Balai transportasi Darat wilayah XX Kota Palu.

Padahal, jika bisa melakukan penarikan retribusi parkir di tepi jalan desa Toboli itu, itu sangat berpotensi bisa mendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir.

Hal itu merupakan hasil uji petik yang pihaknya lakukan. Akan tetapi, apa boleh buat setelah pihaknya berkoordinasi dengan pihak Lalulintas Polda Sulteng dan Balai Transportasi Darat Wilayah XX kota palu bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena itu merupakan jalan nasional.

“Untuk itu, dengan dibatalkannya rencana penarikan parkir di tepi jalan desa Toboli itu, kami langsung menyampaikan ke pihak DPRD Parimo melalui rapat Badan anggaran (Banggar), bahwa untuk wilayah desa Toboli tidak bisa maksimal untuk dimanfaatkan sebagai PAD, karena itu merupakan jalan nasional,” terangnya.

Ia menambahkan, dengan konsep awal untuk peningkatan PAD kedepan tidak akan maksimal dilakukan, akan tetapi pihaknya akan kembali merumuskan serta mencari solusi kembali.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas