Tiga pria yang di duga melakukan Pungli di Pelabuhan Pantoloan Palu, saat diamankan Polisi. (Foto: Dok. Polsek KP3 Pantoloan)

Palu, Metrosulawesi.id – Menanggapi adanya informasi adanya pungutan liar (Pungli) yang dilakukan sejumlah oknum Calo penumpang di parkiran terminal Pelabuhan Laut Pantoloan, Palu, Kepolisian Sektor (Polsek) Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Pantoloan Palu, langsung menindak lanjuti.

Terbukti, Selasa 16 November 2021, Polsek KP3 Pantoloan, mengamankan tiga orang terduga pelaku pungutan liar, terhadap sejumlah penumpang kapal penumpang Pelni, KM.LAMBELU, yang bersandar di Pelabuhan Pantoloan Palu, pada Senin 15 November 2021.

Kapolsek KP3 Pantoloan Palu, IPDA Nur Habib Auliya S.Tr.K, kepada wartawan Metrosulawesi, Selasa 16 November 2021, saat di temui di Mako Polsek KP3 Pantoloan, menjelaskan pihaknya sudah mengamnkan tiga orang yang diduga melakukan pungli terhadap penumpang kapal.

“Tiga orang terduga pelaku itu berinisial CR alias Met(42), AS alias CUW(42) dan GFR(40),” ujarnya.

Nur Habib menjelaskan, dari pengakuan ketiga terduga pelaku tersebut, mereka tidak menerima atau meminta uang parkir, ketiganya hanya menerima uang calo atau uang capek dari supir angkot atau supir Bus, atas jasa mereka mencarikan penumpang yang tutun dari Kapal Laut, untuk angkot ataupun bus yang akan berangkat ke luar kota.

“Pengakuan ketiga terduga pelaku itu, sebatas uang calo atau jasa untuk mencarikan penumpang yang turun dari Kapal Laut yang bersandar di Pelabuhan Pantoloan, untuk mobil Angkot ataupun Bus yang mencari penumpang,” ungkapnya.

Untuk jumlah nominalnya, lanjut Kapolsek KP3 Pantoloan, ketiga terduga pelaku mendapatkan Rp.10 Rb, hingga Rp.15 Rb, per orang, untuk penumpang Angkot ataupun Bus.

“Meski demikian, kami tetap melakukan pemeriksaan terhadap ke tiga terduga pelaku pungli tersebut. Saat ini masih di amankan di Mapolsek KP3 Pantoloan Palu,” jelasnya.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, bila menemukan atau mengetahui adanya pungli di wilayah Pelabuhan Pantoloan Palu, segera melaporkanya ke Mapolsek KP3 Pantoloan Palu, agar segera kami tindak lanjuti,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas