ILUSTRASI - Sepatu. (Foto: Ist)

SALAH satu faktor yang dapat membuat penampilan lebih sempurna adalah sepatu yang tepat. Hal ini tidak hanya berlaku bagi para wanita, tetapi juga pria. Memilih jenis sepatu pria yang sesuai dengan pakaian yang dikenakan serta momen yang dihadiri merupakan kunci untuk tetap terlihat menawan. Nah, apa saja jenis sepatu pria yang bisa dipilih?

1.     Sneakers

Mulanya sneakers dirancang untuk para pria yang aktif melakukan kegiatan fisik atau olahraga. Sepatu ini terbuat dari bahan kanvas serta dilengkapi dengan sol karet sehingga terasa sangat nyaman digunakan. Banyak anak muda yang menyukai sneakers karena membuat mereka terlihat lebih trendi dan sporty.

            Akan tetapi, sneakers saat ini sudah banyak digunakan pada acara-acara yang lebih santai, seperti traveling, nongkrong di kafe, bahkan saat bekerja dalam situasi semiformal. Selain sporty, sneakers juga menciptakan kesan kasual dan fleksibel sehingga cocok bagi yang berjiwa dinamis.

2.     Oxford

            Sepatu oxford merupakan jenis sepatu yang umum digunakan pada acara-acara formal. Sepatu ini memiliki model yang ramping dan ditegaskan oleh sistem tali tertutup. Bagian depannya terlihat agak runcing, sedangkan bagian belakang sedikit naik dengan tinggi hak di bawah mata kaki.

            Umumnya, sepatu oxford terbuat dari material kulit. Sepatu ini dibuat terlihat mengkilat dan halus sehingga menciptakan kesan mewah dan elegan. Tak heran jika sepatu oxford lebih cocok digunakan bersama setelan kerja resmi atau atasan formal seperti tuksedo.

3.     Derby

            Sekilas, model sepatu derby terlihat sama seperti sepatu oxford. Perbedaannya terletak pada penggunaan sistem tali sepatu terbuka. Artinya, bagian penutup depan tempat tali sepatu bisa dibuka terbelah sehingga sepatu terlihat lebih longgar dan mudah digunakan. Meskipun terbuat dari kulit, sepatu derby terkesan lebih santai dari sepatu oxford.

Selain pada acara resmi, sepatu derby juga kerap digunakan saat melakukan aktivitas outdoor. Model yang stylish membuat Anda akan terlihat lebih trendi, apalagi jika dipadukan dengan pakaian kerja yang keren dan berkelas. Sepatu derby juga bisa digunakan saat hangout di luar. Kenakan kemeja flanel dan denim sehingga tetap terlihat santai.

4.     Monk Strap

Sepatu monk strap adalah jenis sepatu lain yang membuat penampilan pria terlihat lebih manly. Sepatu ini memiliki model yang khas, yaitu dilengkapi dengan tali pengikat lebar dengan bahan yang sama seperti sepatu dan gesper. Karena model tersebut, sepatu lebih praktis saat  digunakan, tetapi tetap terlihat formal.

Sepatu monk strap dapat melengkapi busana kantor sehingga penampilan Anda lebih sempurna. Selain tipe klasik yang terkesan kaku, ada pula model monk strap dengan detail yang kompleks sehingga memberi kesan keren, gagah, sekaligus tetap fleksibel.

5.     Loafers

Sepatu pria yang satu ini bisa dikatakan cukup unik. Anda bisa memadukannya dengan gaya formal maupun sporty. Loafers merupakan sepatu slip on sehingga praktis saat dipakai. Sepatu ini tidak bertali atau memiliki gesper. Meskipun demikian, ada beberapa jenis loafers yang dilengkapi dengan aksesori tali atau snaffle logam.

Model sepatu loafers sangat beragam. Warnanya pun bervariasi sehingga cocok bagi pria dengan karakter yang aktif. Anda bisa mengenakannya pada acara-acara nonformal dipadukan dengan busana yang santai. Sepatu loafers akan membuat penampilan Anda terlihat smart casual.

6.     Espadrilles

Saat traveling atau sekadar berjalan-jalan di mal, Anda bisa memilih sepatu espadrilles untuk melengkapi kesempurnaan penampilan. Jenis sepatu ini memiliki sol yang lentur dengan bahan kanvas atau katun sehingga sangat nyaman digunakan.

Bagi Anda yang menyukai gaya casual chic, espradrilles sangat tepat dipilih. Padukan sepatu dengan pakaian santai seperti t-shirt atau kaos polo dengan celana jin atau celana pendek chino. Dijamin, penampilan Anda akan lebih atraktif.

Inilah beberapa jenis sepatu pria yang dapat Anda pergunakan dalam berbagai momen dan acara istimewa. Pilihlah sepatu yang paling sesuai dengan gaya Anda sehingga membuat penampilan lebih sempurna. Anda bisa berbelanja sepatu pria dan aneka produk fesyen pria lainnya hanya di Shopee. Nantikan 12.12 Birthday Sale untuk mendapatkan produk terbaik dengan harga ekonomis.

Nah, agar lebih praktis, manfaatkan juga fasilitas Shopee Cash On Delivery. Fasilitas ini tersedia bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTT, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Selain gratis ongkir, Anda pun bisa melakukan pengembalian gratis lewat kurir jika barang tidak sesuai. Selamat berbelanja! (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas