Mulyono. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulteng Periode 2021-2024 telah mengumumkan hasil uji kompetensi pada Senin 15 November 2022.

Ketua Timsel, Mulyono, menerangkan dari 40 peserta uji kompetensi, yang lolos sebanyak 19 orang. Selanjutnya akan mengikutu uji kelayakan dan kepatutan oleh DPRD Provinsi Sulteng.

“Peserta seleksi selanjutnya diusulkan untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPRD. Calon incumbent (petahana) yang lolos seleksi administrasi juga diusulkan untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan,” terangnya, Selasa 16 November 2021.

Diketahui, ada dua petahana yang kembali mengikuti seleksi calon kimisioner KPID Sulteng. Sehingga total peserta yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan nantinya sebanyak 21 orang.

Peserta tersebut masing-masing Zakaria, Selvi Silvana Kalangie, Yeldi S Adel, Indra A Yosvidar, Abdussalam Mathar, Muh. Fariz, Triyansyah A Sanudin, Andi Kaimuddin, Irzha Friskanov S, Muhammad Wahid, Moh Farid Chair, Ricky Yuliam, Muhammad Ramadhan Tahir, Rini Christina, Moh. Arafah, Ilham, Sitti Dahlia, Hayrul Gatti R, Andi Arianza, Abdullah (petahana) dan Nurdiana Lembah (petahana).

Diketahui, peserta seleksi KPID Sulteng telah mengikuti uji kompetensi di Palu, selama dua hari, Kamis-Jumat, 11-12 November 2021. Uji kompetensi hari pertama dilaksanakan tes tertulis dilanjutkan tes psikologi pada hari kedua.

Pengumuman hasil uji kompetensi akan dikirim ke DPRD Provinsi Sulteng paling lambat 3 Desember mendatang. Selanjutnya masuk tahap uji publik mulai 6 sampai 17 Desember 2021.

Untuk uji kelayakan dan kepatutan akan dilaksanakan selama tiga hari pada 20 – 22 Desember. Jadwal penyampaian nama-nama hasil uji kelayakan dan kepatutan ke Gubernur Sulawesi Tengah dan pelantikan komisioner KPID yang terpilih dalam rentang 23 sampai 31 Desember 2021.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Sulteng, Hasim, menerangkan uji kompetensi yang telah berlangsung diikuti sebanyak 40 peserta.

“Hanya 40 orang yang wajib mengikuti uji kompetensi karena dua orang lagi adalah incumbent atau petahana,” ucap Hasim, Jumat 12 November 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas