Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura kembali meminta kepada bupati dan wali kota Palu untuk meningkatkan sebaran vaksin Covid-19 dan terus mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Gubernur menyampaikan bahwa berdasarkan Laporan Pusdatina Covid Sulteng yang dirilis setiap hari menunjukkan bahwa terdapat beberapa daerah kasus penularan Covid sudah Zero dan sangat rendah, tetapi masih ditetapkan pada PPKM Level 2 dan 3 karena sebaran vaksin di daerah itu masih sangat rendah.

Penepatan PPKM Kabupaten/Kota se Provinsi Sulteng untuk level 1 yakni Kabupaten Morowali. Sedangkan PPKM level 2, yakni: Kabupaten Morowali Utara, Buol, Banggai Laut, Tojo Unauna, dan Kota Palu.

Selanjutnya PPKM Level 3 meliputi, Kabupaten Banggai, Poso, Donggala, Tolitoli, Banggai Kepulauan, Parigi Moutong dan Kabupaten Sigi.

“Ini karena sebaran vaksin di daerah itu masih sangat rendah sehingga penetapan PPKM di kabupaten atau kota itu masih 2 dan 3,” kata gubernur siaran persnya yang diterima Metrosulawesi, Kamis 11 November 2021.

Menurut dia, kasus Covid-19 beberapa daerah di Sulteng sebenarnya semakin menurun tetapi tidak diseimbangkan dengan sebaran vaksin kepada masyarakat.

“Makanya saya minta bupati dan wali kota fokus untuk percepatan vaksinasi,” katanya.

Selain percepatan vaksinasi, Gubernur Sulteng juga mengharapkan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 terus menyosialisasikan vaksin Covid-19 dan mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatan yang mengundang kerumunan.

“Jangan lengah, meskipun kasus semakin menurun, tetap harus menjaga protokol kesehatan dan masyarakat mau divaksin,” terangnya.

Rusdy mengapresiasi pemerintah kabupaten dan kota yang terus berupaya mendukung dan bekerja untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dan mempercepat vaksinasi.

“Saya harap vaksinasi ini sampai ke daerah-daerah terpencil juga,” kata Rusdy.

Gubernur Rusdy mengharapkan kepada Satgas Covid Provinsi, Kabupaten dan Kota Palu terus mengimbau masyarakat agar terus mematuhi dan melaksanakan Protokol Kesehatan pada waktu melaksanakan kegiatannya.

Gubernur juga mengimbau masyarakat untuk mendukung dan mengikuti vaksinasi.

“Datanglah ke gerai Vaksin untuk divaksin,” pinta gubernur.

Gubernur meminta dukungan semua pihak, pemuka agama, pemuka masyarakat, akademisi, dan jurnalis agar terus mensosialisasikan kegiatan vaksinasi agar masyarakat ikut divaksin.

“Jaga terus kesehatan diri sendiri, keluarga dan kesehatan sesama,” pungkas gubernur.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas