TAK CAPAI TARGET - Pabrik es yang dikelola Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Poso. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Pengelola pabrik es yang dikelola Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Poso tidak sanggup mencapai target pendapatan asli daerah (PAD), khususnya pada tahun 2020 silam.

Berbagai pertanyaan pun muncul karena target PAD tahun 2020 hanya sebesar Rp125 juta, namun angka tersebut tidak dapat dipenuhi oleh pihak pengelola.

Hamid,  salah seorang pengusaha perikanan, pemilik 5 kapal penangkap ikan (pukat cincin) saat ditemui wartawan mengatakan, setiap harinya dia membutuhkan sekitar 20 hingga 30 balok es yang berasal pabrik es yang dikelola pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Poso.

Harga setiap balok es dijual kepada pemilik kapal penangkap ikan dengan bandrol Rp 25.000/balok.

“Untuk 4 bulan saja, biasanya saya membayar sekitar Rp40 an juta dari harga es yang disuplai pihak pabrik untuk kebutuhan kami,” ungkap Hamid, saat ditemui media, di lokasi tempat pelelangan ikan (TPI) Poso, Senin (8/11/2021).

Bahkan kata Hamid, pabrik es yang dikelola pihak Dinas Perikanan ini, tidak hanya menyuplai (menjual) balok es kepada dirinya. Untuk wilayah Poso saat ini kata Hamid, ada sekitar 6 hingga 7 kapal penangkap ikan yang beroperasi dan membutuhkan suplai es dari pabrik, untuk setiap harinya

Sementara itu, pihak penanggung jawab pengelola pabrik berinisial IM, saat di temui media ini beberapa waktu yang lalu mengatakan, pihaknya setiap hari hanya menjual 6 hingga 7 balok es.

Hal ini juga diaminkan bendahara pengumpul pada sektor perikanan atas nama LA. Diana kata LA pihaknya memang tidak bisa mencapai target PAD dari hasil pengelolaan pabrik es di karenakan adanya wabah pandemik. Selain itu kata LA, pabrik yang dikelola tidak maksimal berproduksi Karena faktor adanya pemadaman listrik. Hal ini kata LA berpengaruh pada kualitas produksi, sehingga banyak konsumen yang memilih membeli es di pabrik-pabrik milik swasta yang ada di kota Poso.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas