Gubernur H Rusdy Mastura melakukan panen perdana budidaya udang vaname di Desa Sejoli, Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, pekan lalu (5/11). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura meminta PT Parigi AQuakultura Prima (PAP) mengembangkan investasinya di kabupaten anggota Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU).

Hal itu disampaikan Gubernur H Rusdy Mastura usai melakukan panen perdana budidaya udang vaname di lokasi Tambak Udang Berkelanjutan Desa Sejoli, Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, pekan lalu (5/11).

Kabupaten BKSU terdiri dari Kabupaten Buol (Provinsi Sulteng),  Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bone Bolango (Provinsi Gorontalo) dan Kabupaten Bolaang Mongondow (Provinsi Sulut). Para bupati daerah itu turut hadir dalam acara panen perdana budidaya udang vename.

Menurut Gubernur kabupaten anggota BKSU sangat potensial untuk dikembangkan usaha perikanan termasuk budidaya udang vename.

‘’Saya minta tolong dapat dikembangkan investasi ini daerah-daerah kabupaten yang tergabung pada Badan Kerja Sama Utara-Utara, karena daerah tersebut memiliki potensi yang sangat besar karena berada pada garis pantai yang sangat panjang,’’ kata Gubernur.

Gubernur mendorong kabupaten anggota BKSU untuk mengembangkan dan membangun daerah sesuai potensi yang dimiliki. Karena itu Gubernur mendukung Kabupaten Buol yang  akan fokus dalam mengembangkan pusat peternakan sapi.

Gubernur juga mengajak kabupaten anggota BKSU untuk menyiapkan daerahnya menjadi penyangga ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

‘’Sulawesi Tengah dan wilayah Sulawesi sesuai amanat Presiden RI akan menjadi daerah penyangga ibu kota negara yang baru,’’ kata Gubernur.

Sebelumnya Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin yang menjadi ketua BKSU mengatakan kabupaten anggota BKSU fokus dalam mengembangkan sektor perikanan, kelautan, dan peternakan.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas