ILUSTRASI - Angkot konvensional. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Sulteng, Sumarno, menyarankan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu memberikan subsidi bagi angkot konvensional di Kota Palu. Subsidi dimaksud agar menjadi stimulus bagi pengusaha atau sopir dan masyarakat untuk kembali menggunakan angkot.

“Untuk angkot yang beroperasi di Palu menjadi tanggung jawab dinas perhubungan kota,” ucap Sumarno, baru-baru ini.

Dia menjelaskan pemberian subsidi bisa dilakukan dengan memberikan sejumlah uang setara target jumlah penumpang angkot per hari selama satu tahun. Dengan begitu angkot tetap beroperasi dan masyarakat kembali menggunakan angkutan konvensional itu.

“Subsidi itu hanya untuk pancingan supaya penumpang beralih naik angkot dan pengusaha bisa tetap bertahan. Satu tahun saja untuk memancing masyarakat naik angkot, jangan mobil pribadi karena bikin macet,” jelas Sumarno.

Jika subsidi sudah satu tahun, saat bersamaan masyarakat juga diyakini telah kembali nyaman menggunakan angkot. Namun juga diharapkan para pengusaha angkot atau sopir meningkatkan kualitas pelayanan. Hal itu bisa dilakukan salah satunya dengan memperbaiki angkot yang digunakan.

“Tentu trayeknya juga harus jelas dari titik A ke titik B dan pelayanannya bagus,” ujarnya.

Dishub Provinsi Sulteng mencatat angkot yang beroperasi saat ini Kota Palu tinggal puluhan. Jumlah tersebut berkurang drastis yang mencapai ribuan sebelum masuknya jasa angkutan online.

“Sekarang memang persaingan pelayanan yang mungkin sulit angkot bisa bersaing dengan angkutan online karena mobil-mobilnya bagus dan baru-baru. Terus suasana dalam angkutan online lebih nyaman karena harum, ada AC, dan musik,” tutur Sumarno.

Dia menambahkan angkot konvensional harus diperhatikan karena menyangkut nasib orang yang mencari nafkah. Jika mati total, dipastikan akan meningkat jumlah pengangguran dan menambah potensi kemacetan di jalan raya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas