Gubernur H Rusdy Mastura menyampaikan pidato pengantar dalam sidang paripurna DPRD Sulteng, Rabu lalu (3/11). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulteng bersama DPRD Provinsi Sulteng mulai membahas rancangan peraturan daerah tentang RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021-2026.

Pembahasan itu setelah Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura menyampaikan pidato pengantar dalam sidang paripurna DPRD Sulteng, Rabu lalu (3/11).

Dalam pidatonya saat itu Gubernur menegaskan bahwa  janji politiknya harus diwujudkan melalui RPJMD  Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021-2026 . Wujudnya melalui visi “Gerak cepat menuju Sulteng lebih sejahtera dan lebih maju”.

Visi tersebut dirumuskan pada 9 (sembilan) misi dalam RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah 2021-2026. Pertama, Meningkatkan kualitas manusia provinsi sulawesi tengah  melalui reformasi sistem pendidikan dan kesehatan dasar.

Kedua, Mewujudkan reformasi birokrasi, supermasi hukum dan penegakkan nilai- nilai kemanusiaan dan HAM. Ketiga, Mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat  melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan.

Keempat, Mewujudkan peningkatan pembangunan infrastruktur daerah. Kelima, Menjalankan pembangunan masyarakat dan wilayah yang merata dan berkeadilan. Keenam, Menjaga harmonisasi manusia dan alam, antar sesama manusia sebagai  wujud pembangunan berkelanjutan.

Ketujuh, Melakukan sinergitas kerja sama pembangunan antar daerah bertetangga sekawasan maupun di dalam Provinsi Sulteng  dan  di  luar provinsi bertetangga. Kedelapan, Meningkatkan pelayanan publik bidang pendidikan dan kesehatan berbasis pada teknologi informasi yang integrasi dan dijalankan secara sistimatis dan digital. Kesembilan, Mendorong pembentukan daerah otonom baru (DOB) agar  terjadi percepatan desentralisasi  pelayanan dan peningkatan  lapangan kerja dan peningkatan produktivitas sektor unggulan daerah.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas