SMART VILLAGE - Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, bersama Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kementerian Desa, Daerah tertinggal dan Transmigrasi Rajali Abd Rahmat, meresmikan Smart Village di Desa Pakuli Kabupaten Sigi, Kamis 4 November 2021. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Desa Pakuli di Kabupaten Sigi menjadi desa percontohan program ‘Smart Village’. Peresmian Smart Village itu dilakukan oleh Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura bersama Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kementrian Desa, Daerah tertinggal dan transmigrasi, Rajali Abd Rahmat di Sigi, Kamis 4 November 2021.

Gubernur Rusdy mengaku sangat bersyukur dan rasa bangga dapat meresmikan pilot Smart Village di Desa Pakuli. Gubernur mengharapkan 1.000 desa akan dibangun menjadi Smart Village.

“Ini gagasan saya bersama Tim Ahli Gubernur, dengan pemikiran harus dipaksa ada loncatan pembangunan Sulawesi Tengah kalau tidak ada loncatan sangat susah kita mengejar ketertinggalan,” kata gubernur.

10 tahun akan datang kata gubernur, masyarakat Sulteng harus sudah memiliki kemampuan dan maju untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kesejahtraannya.

“Karena seluruh yang kita butuhkan ada dalam Geogle. Sistem bercocok tanam yang baik ada. Sistem pemasaran yang baik ada dan informasi pembangunan daerah lain ada. Termasuk menonton Film Drama Korea yang banyak inspirasi untuk membangun keluarga,” kata gubernur.

Gubernur juga menyampaikan agar masyarakat terus belajar dan membaca karena melalui belajar dan membaca kita dapat memperoleh pengetahuan untuk memiliki gagasan besar.

“Saya ini sangat gemar membaca mungkin sudah ada 3.000 buku yang sudah saya baca, sehingga saya terus memiliki gagasan untuk membangun dan memikirkan adanya loncatan untuk membangun sulawesi tengah,” katanya.

Mewakili Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Rajali Abdul Rahmat, menyampaikan, era digitalisasi saat ini dibutuhkan program yang mendukung peningkatan pembangunan di desa.

Dia mengatakan, masyarakat harus bangga dengan terobosan Gubernur Rusdy Mastura, atas gagasannya untuk mendorong tersedianya program Smart Village pada setiap desa di Sulawesi Tengah. Dan Smart Village dapat membuat Desa Cerdas, Desa Pintar, Desa Berprestasi dan Desa Maju, sehingga langkah maju gubernur Sulawesi Tengah untuk membuat loncatan untuk membangun masyarakat dari desa.

Peresmian Itu dihadiri Bupati Sigi Irwan Lapata, GM PT.PLN (Persero) Suluttenggo Leo Basuki, Dirut I Con Plus Yuddi Setya Wicaksono.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas