Sumarno. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, Sumarno, mengungkapkan pihaknya belum bisa memutuskan pelaksanaan program mudik gratis dalam rangka Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru.

“Nanti tunggu awal Desember lah (diputuskan), kalau memang kondisi Covid-19 nol-nol, kita berani meluncurkan,” ungkapnya, Kamis 4 November 2021.

Sumarno mengatakan program mudik gratis telah ditidakan sejak virus corona merebak tahun lalu. Mudik gratis yang biasanya dilaksanakan untuk Hari Raya Idul Fitri dan Nataru tidak bisa dilaksanakan pasca pandemi.

Namum Dishub disebut masih memprogramkan mudik gratis dalam rangka Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Dia menyebut pihaknya belum bisa mengeluarkan kepastian karena masih menunggu kondisi pandemi Covid-19 mereda. Itu karena pelaksanaan mudik gratis Nataru akan mengacu situasi penyebaran corona di daerah ini.

Diketahui, Kota Palu, ibukota Provinsi Sulteng dan beberapa kabupaten masih dalam status level dua Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sumarno optimis PPKM dalam sebulan atau dua bulan kedepan bisa turun ke level satu.

“Kalau sudah level satu berani kita mencoba laksanakan program mudik gratis itu,” ujarnya.

Sumarno menambahkan program mudik gratis sangat dibutuhkan masyarakat yang ingin pulang kampung. Namun demikian dikatakan pelaksanaan mudik gratis tidak boleh menjadi penyebaran baru Covid-19.

“Makanya kita harus lihat level berapa nantinya dalam dua bulan kedepan,” pungkas Sumarno.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng kembali memprogramkan mudik gratis dalam rangka Nataru. Pada momen Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dishub membatalkan program mudik gratis.

Saat itu, Sumarno mengungkapkan pembatalan tersebut menyahuti larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat dan ditindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sulteng Nomor: 550/369/Dis.hub Tentang Pengedalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Otomatis batal karena kalau diadakan bertentangan dengan surat edaran bapak gubernur,” ungkap Sumarno, Rabu, 5 Mei 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas