Pembukaan secara virtual Pelatihan Analisis Jabatan di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021, oleh Wagub H Ma’mun Amir dari ruang kerjanya, Selasa (2/11). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Pengembangan sumber daya manusia (SDM) aparatur pemerintah di Provinsi Sulawesi Tengah dinilai sangat baik.

Penilaian ini disampaikan Kepala BPSDM, Kementerian Dalam Negeri, Setyabudi saat memberikan sambutan dalam acara Pelatihan Analisis Jabatan Di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021, Selasa (2/11).

Pelatihan dibuka secara virtual oleh Wagub Sulteng H Ma’mun Amir dari ruang kerjanya. Hadir dalam acara itu Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah Novalina, Kepala Biro Organisasi Andi Kamal, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Siti Hasbiah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan diwakili sekretaris dinas.

Kepala BPSDM Kemendagri, Setyabudi mengatakan pengembangan kompetensi SDM aparatur di daerah harus menyesuaikan dengan kebutuhan kompetensi daerah.

Karena itu, Setyabudi mendorong pemda untuk merespons pengembangan SDM yang berdaya saing sesuai dengan tujuan otonomi daerah yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat , meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan daya saing daerah.

Setybudi mengungkapkan sampai tanggal 30 Juni 2021 jumlah PNS di Indonesia sebanyak 4.081.824, dengan perbandingan PNS pada instansi daerah sebanyak 77 persen atau 3.132.774 dan instansi pusat 23 persen atau 949.050.

Dengan perbandingan tersebut, Setyabudi berharap perhatian dan komitmen pemerintah daerah untuk peningkatan kualitas SDM PNS daerah.

Wakil Gubernur H Ma’mun Amir dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepala Kepala BPSDM atas apresiasi yang diberikan kepada Pemerintah Sulawesi Tengah merupakan daerah yang baik dalam pengembangan SDM PNS.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas