Mulyono. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Masa pendaftaran seleksi calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulteng Periode 2021-2024 akan berakhir pada 5 November 2021. Ketua Tim Seleksi Anggota KPID Provinsi Sulteng, Mulyono, mengungkapkan pendaftar telah melampaui jumlah minimal.

“Aturan mempersyaratkan jumlah minimal pendaftar harus 21 orang atau tiga kali dari jumlah komisioner KPID. Komisioner KPID sendiri sebanyak tujuh orang. Sekarang jumlah pendaftar sudah 27 orang,” ungkapnya, Rabu, 3 November 2021.

Mulyono mengatakan dari 27 pendaftar, yang dinyatakan lengkap berkas atau lolos berkas baru 23 orang. Adapun batas waktu pemasukan terakhir berkas baru berakhir pada Jumat 5 November.

Dikatakan, pendaftar dari berbagai latar belakang mulai dari kalangan masyarakat, pensiunan aparatur, hingga komisioner KPID Sulteng saat ini. Ada dua incumbent KPID Sulteng mendaftar kembali Abdullah dan Nurdiana Lembah.

Sebelumnya, Mulyono menerangkan bersamaan tahapan pendaftaran, juga dilakukan seleksi administrasi mulai Rabu 13 Oktober sampai dengan Senin 8 November. Seleksi administrasi dilakukan bagi pendaftar yang telah lengkap memasukkan berkas.

“Selanjutnya tahapan pengumuman seleksi administrasi pada Selasa 9 November,” terang Mulyono.

Dia menuturkan untuk pelaksanaan uji kompetensi tes tertulis dijadwalkan pada Kamis 11 November. Berikutnya tes psikologi pada Jumat 12 November. Pengumuman hasil uji kompetensi mulai Senin 15 November sampai dengan Jumat 3 Desember, dilanjutkan penyampaian nama-nama ke DPRD Provinsi Sulteng.

“Kami telah tetapkan untuk tahapan uji publik mulai 6 sampai 17 Desember,” tutur Mulyono.

Agenda selanjutnya uji kelayakan dan kepatutan dilaksanakan selama dua hari pada 20 – 22 Desember. Jadwal penyampaian nama-nama hasil uji kelayakan dan kepatutan ke Gubernur Sulawesi Tengah dan pelantikan komisioner KPID yang terpilih pada 23 sampai 31 Desember 2021.

“Kepastian waktu, tempat dan tata cara pelaksanaan seleksi akan disampaikan kemudian. Perlu kami ingatkan pendaftaran dan seleksi calon komisioner KPID Sulteng tidak dipungut biaya,” ungkap Mulyono.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas