Muhammad Sambara. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Masyarakat Dusun Tamanjeka Kecamatan Poso Pesisir  berharap Pemerintah Desa Masani melakukan pemekaran wilayah Dusun Tamanjeka menjadi desa definitif.

Pasalnya Dusun  Tamanjeka terpisah jauh dengan desa Masani, belum lagi akses jalan sangat memperihatinkan. Pemekaran desa bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan pelayanan lebih maksimal.

“Sudah waktunya di Desa Masani  ada pemekaran wilayah karena  terlalu luas dan penduduknya yang lambat laun meningkat. Dasar dan tujuan pemekaran tersebut antara lain untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan meningkatkan data saing desa, serta meningkatkan efektivitas pemerintahan desa,” ujar Muhammad Sambara, Kepala Dusun Tamanjeka kepada Metrosulawesi, Selasa 2 Nofember 2021.

Kalau melihat dari sisi jumlah penduduk, menurutnya sudah layak pemekaran wilayah Dusun Tamanjeka. Namun  diakuinya  harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan dipertimbangkan. Semuanya harus melalui proses di BPD yang kemudian disampaikan kepada pihak desa. Selanjutnya pemerintah desa atas pertimbangan BPD menyampaikan aspirasi masyarakat itu kepada pihak kecamatan dan selanjutnya dibahas di tingkat kabupaten.

Terkait usulan pemekaran Dusun Tamanjeka  menjadi desa definitif, Kepala Desa Masani Kecamatan Poso Pesisir Jems Garura kepada Metrosulawesi mengakui keinginan warga dusun Tamanjeka begitu direspons oleh pemerintah desa dan berharap pemekaran segera terwujud demi memberikan  pelayanan prima kepada masyarakat.

“Proposal pemekaran sudah dibahas dan disetujui pihak pemerintah desa bersama BPD, usulan  proposal pemekaran sudah kami serahkan ke DPRD Poso,” ungkap Jems Garura.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Poso Hidayat Bungasawa SH MH  soal proposal pemekaran dusun Tamanjeka menjadi desa definitif menjelaskan, prosedur untuk pemekaran desa ada beberapa tahapan serta kajian termasuk penilaian persyaratan.

“Semua tahu pemekaran satu wilayah bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, namun tentu syarat untuk suatu pemekaran desa harus dipenuhi, layak tidaknya dusun Tamanjeka untuk mekar menjadi desa akan kita lihat kedepannya, keinginan warga disana yang minta pemekaran, adalah suatu kemajuan berpikir utamanya menginginkan kemajuan dan tumbuh perekonomiannya,” tutur Hidayat Bungasawa.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas