Sumarno. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, Sumarno, mengungkapkan pihaknya menunggu perintah atau arahan untuk penerapan aturan baru bagi pelaku perjalanan di masa pandemi Covid-19.

“Yang bertanggung jawab mulai pembuatan sampai penyebaran infromasi semuanya ada Satgas Covid-19,” ungkap Sumarno kepada Metrosulawesi, Selasa 2 November 2021.

Peraturan tersebut dirilis oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 90 Tahun 2021, revisi atas SE Menteri Perhubungan Nomor 86 Tahun 2021. 

SE tersebut mengatur dokumen yang wajib dibawa pelaku perjalanan darat yang menempuh jarak minimal 250 kilometer atau 4 jam perjalanan, yakni kartu vaksin dan hasil negatif tes RT PCR atau antigen. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi melalui keterangan tertulis menyampaikan syarat perjalanan tersebut berlaku bagi pengguna kendaraan bermotor perseorangan, sepeda motor, kendaraan bermotor umum, dan angkutan penyeberangan.

Sumarno mengatakan untuk pelaksanaan ketetapan pusat umumnya harus ditindak lanjuti dengan mengeluarkan regulasi oleh pemerintah daerah masing-masing. Khusus terkait aturan ini, kewenangan berada di Satgas Covid-19 daerah.

“Tinggal kita tunggu saja regulasi daerah seperti apa. Yang jelas sampai sekarang saya belum diperintahkan membuat regulasi itu dalam rangka menindak lanjuti kebijakan pusat,” ujarnya.

Kata Sumarno, khusus yang berhubungan dengan penanganan pandemi Covid-19, kini perintah terpusat dari Satgas Covid-19. Ketentuan ini bertujuan agar pelaksanaan bisa saling sinergi antar instansi/dinas terkait.

“Kalau dahulu jalan sendiri-sendiri. Misalnya perhubungan mengatur mengenai perjalanannya, kesehatan mengatur dokumennya, dan Satpol PP mengatur pengamanannya. Kalau sekarang terkendali oleh Satgas Covid-19. Intinya kita menunggu regulasi lanjutannya seperti apa,” tandas Sumarno.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas