MENUNGGU UJIAN - Tampak peserta CPNS Tahun 2021 saat akan mengikuti tes di UPT BKN Palu, baru-baru ini. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Seleksi CPNS Pemprov Sulteng

Palu ,Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Formasi, Pengadaan, Informasi, dan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tengah, Syarifudin, mengungkapkan hasil perangkingan peserta yang mencapai passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS formasi Pemprov Sulteng segera diumumkan.

“Minggu depan kita akan rekon data dengan BKN Pusat untuk mencocokkan keadaan lapangan dengan aplikasi,” ungkap Syarifudin, Senin, 1 November 2021.

Dia mengatakan hasil nantinya akan menentukan peserta yang lolos untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Diketahui, sesuai Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 1023 Tahun 2021, syarat lulus CPNS 2021 harus melewati passing grade SKD dan SKB.
Dalam SKD ada tiga materi yang akan diujikan, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).  Untuk lulus, peserta dengan formasi umum harus memenuhi passing grade TWK 65, TIU 80 dan TKP 166. 

Berbeda dari formasi umum, untuk formasi kebutuhan khusus atau disabilitas nilai passing gradenya yaitu TIU 60, TKP 166, dan TWK 65.  Sedangkan passing grade formasi lulusan cumlaude yaitu TIU 85, TKP 166, dan TWK 65.
 
Adapun untuk seleksi SKD CPNS Pemprov Sulteng telah selesai dilaksanakan baru-baru ini. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan di Gedung Media Center Universitas Tadulako, mulai Senin 28 September hingga Sabtu 2 Oktober 2021.

Syarifudin mengatakan tingkat kehadiran peserta SKD formasi Pemprov Sulteng tidak mencapai 100 persen. Untuk hasil perangkingan SKD juga akan diumumkan melalui website resmi BKD Provinsi Sulteng. Diimbau kepada peserta yang mencapai passing grade agar menjaga kesehatan dan memperdalam pengetahuan sesuai bidang yang dilamar.

Sesuai data yang ada, untuk formasi CPNS Pemprov Sulteng, total peserta SKD sebanyak 2.861 orang. Pemerintah pusat memberikan kuota CPNS Pemprov Sulteng sebanyak 114 formasi dalam rekrutmen kali ini.

Formasi CPNS Pemprov Sulteng rinciannya tenaga teknis 41 formasi dan tenaga kesehatan 73 formasi. Selain formasi CPNS, Pemprov Sulteng juga mendapat jatah untuk PPPK. Total formasi PPPK Pemprov Sulteng sebanyak 4.588 dengan rincian tenaga pendidikan 4.358 formasi, tenaga kesehatan 137 formasi, dan tenaga teknis 93 formasi.

Peserta ujian PPPK Guru yang dinyatakan lulus, pengangkatannya sebagai pegawai tetap dilakukan oleh BKD. Sedangkan untuk kategori CPNS dan PPPK Non Guru proses seleksi tetap dikelola dan menjadi tanggungjawab BKD Provinsi Sulteng.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas