MURAL - Peserta festival Mural saat mengekspresikan karyanya di dinding belakang areal parkir Mapolda Sulteng, dalam Bhayangkara Mural Festival 2021, Sabtu, 31 Oktober 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • HUT ke-70 Humas Polri

Palu, Metrosulawesi.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Humas Polri yang ke-70, Sabtu, 30 Oktober 2021, Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng, menggelar kegiatan yang dilaksanakan di lapangan parkir Mapolda Sulteng, jalan Soekarno Hatta, Kota Palu.

Adalah acara Festival Mural Polda Sulteng dengan tema “Peran Generasi Muda untuk Berkreasi Dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi” dan diikuti lima peserta.

Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Hery Susanto, dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan Bhayangkara Festival Mural ini dilaksanakan secara serentak pada seluruh Polda di Indonesia. Kegiatan Festival Mural ini dipusatkan di Mabes Polri yang diikuti sebanyak 70 peserta pegiat mural se-Indonesia.

“Mural merupakan salah satu gambaran pesan dari para pegiat yang digambarkan di tempat permanen seperti tembok. Hal ini biasa ditemui di fasilitas umum di beberapa tempat. Dalam mural juga terdapat beberapa pesan tersembunyi, ada yang mengkritik dan ada pula provokatif, hal itu tidak terlalu tersalurkan,” jelasnya.

Hery juga mengatakan, dengan adanya Bhayangkara Festival Mural ini, pihaknya memberikan kesempatan bagi para pegiat mural di Sulteng untuk mengekspresikan kritikan dan gambarannya serta bisa menyalurkan bakatnya lewat mural.

“Peserta kegiatan ini juga kami utamakan para pemuda, karena kita harus terus mengembangkan ide dan kreativitas para pemuda. Olehnya kita mengambil tema itu,” jelasnya.

“Saya berharap peserta yang mengikuti festival ini dapat menggambarkan situasi, ide, dan pesan-pesan situasi pandemi yang saat ini melanda negara dan daerah,” tutupnya.

Sementara itu Kasubdit Penmas Bidang Humas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari, kepada wartawan mengatakan kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan Polda Sulteng dan diikuti lima peserta, dimana sebelumnya telah dilakukan seleksi di tiap daerah.

“Salah satu peserta telah terpilih untuk mewakili Polda Sulteng di Festival Mural di Mabes Polri,” ucapnya.

Sugeng juga mengatakan, ke depan, pihaknya akan mencoba bekerja sama dengan pemerintah daerah provinsi dan kota serta kabupaten untuk membuat Festival Mural di ruang publik, dan akan berkoordinasi soal perizinan dan lokasinya.

“Itu kami lakukan agar para seniman atau pemural dapat mengekspresikan kemampuan dan keahliannya melalui coretan mural di ruang publik,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas