ILUSTRASI - Covid-19. (Foto: Ist)
  • Update Corona Sulteng (31/10): 9 Positif, 5 Sembuh, 136 Dirawat

Palu, Metrosulawesi.id Kasus positif  Corona atau Covid-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng) berangsur melandai. Namun, jangan gegabah. Disiplin menjalankan protokol kesehatan tetap nomor satu.

Melansir data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng yang dirilis di laman resminya; https://dinkes.sultengprov.go.id/,  hingga Minggu  31 Oktober 2021,   ada tambahan 9 kasus baru yang terinfeksi Corona, sehingga total menjadi 47.013 kasus positif Corona.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Corona bertambah 5 orang sehingga menjadi sebanyak 45.284  orang.

Sedangkan kasus kematian diakibatkan terinfeksi Corona hari ini, kembali Dinkes Sulteng mengumumkan tidak ditemukan alias nihil, sehingga total pasien Covid-19 tutup usia masih berjumlah 1.593.

Jumlah kasus aktif Covid-19 di Sulteng saat ini  mencapai 136  kasus, bertambah 4 kasus aktif dibanding sehari sebelumnya.

Sebaran tambahan harian pasien baru terkonfirmasi positif Corona, tertinggi berada di Kota Palu dan Parigi Moutong (Parimo) yakni ketambahan 3 pasien baru. Kemudian disusul Poso 2 pasien baru dan Sigi bertambah satu pasien piositif.

Sementara sebaran tambahan harian pasien sembuh dari Corona, tertinggi ditemukan di Poso dengan 3 pasien sembuh, serta Parimo dengan 2 pasien sembuh dari Corona.

Meski melandai, Pemerintah  melalui Dinkes Sulteng meminta masyarakat memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Karena untuk menekan wabah Corona, dimulai dari menekan angka penularan.

Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Berdasarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus Corona sebesar 35%.

Sementara memakai masker bisa mengurangi risiko penularan virus Corona hingga 45% kalau memakai masker kain. Sementara kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75%. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas