FOTO BERSAMA - Tampak mahasiswa Faperta Untad yang tengah melaksanakan magang program MBKM foto bersama, baru-baru ini. (Foto: Istimewa)
  • Diharap Tingkatkan Wawasan dan Keterampilan

Palu, Metrosulawesi.id – Puluhan mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tadulako melaksanakan magang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di berbagai daerah.

Program Studi Agroteknologi Faperta Untad turut mengikutkan beberapa mahasiswa dalam program magang di Sulawesi Tengah dan luar  provinsi. Koordinator Program Studi Agroteknologi, Dr Irwan Lakani SP M.Si, berharap keikutsertaan mahasiswanya dalam program magang kali ini dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan.

“Sehingga dapat menjadi generasi yang siap beradaptasi dan berkontribusi pada pemerintahan, masyarakat, dan dunia usaha/industri melalui karir mereka masing-masing setelah lulus dari perguruan tinggi,” ucapnya, baru-baru ini.  

MBKM merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang memfasilitasi perguruan tinggi dan mahasiswa untuk melaksanakan program-program peningkatan ilmu pengetahuan, keterampilan kerja, dan juga pengalaman kerja yang nantinya dapat berguna bagi pengembangan karir alumni perguruan tinggi.

Diberitakan, delapan orang mahasiswa Untad magang di Balai Pengkajian Teknoligi Pertanian (BPTP) Sulteng. Delapan mahasiswa tersebut secara resmi diterima Kepala BPTP Sulteng, Dr Abdul Wahab, Jumat 15 Oktober 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPTP didampingi Kasubbag Tata Usaha, Koordinator Program, Koordinator KSPP, Ketua-Ketua Keltiluhtan serta Kepala Rumah Tangga BPTP Sulawesi Tengah.

Dosen pembimbing, Dr Anton Monde, menyampaikan terima kasih kepada Kepala BPTP Sulawesi Tengah yang berkenan menerima mahasiswa magang. Ia berharap agar dari pelaksanaan magang terjadi peningkatan kompetensi mahasiswa.

“Terutama mahasiswa dapat memiliki keterampilan yang akan menjadi bekal kelak,” ucap Anton.

Pembelajaran yang akan dilalui mahasiswa selama magang diharapkan pula dapat mengembangkan potensi sesuai dengan passion dan bakatnya. Mahasiswa magang akan mempelajari sesuai bidang kajian utama masing-masing yakni sumber daya lahan pertanian, agronomi, Hama Penyakit Tanaman (HPT) dan teknologi hasil pertanian.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas