H. Iskandar Nongtji. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)
  • Termasuk Jalan Sadaunta Kulawi – Anca Lindu

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dalam hal ini Bupati telah menandatangani pernyataan bahwa siap menerima hibah pembangunan infrastruktur jalan dari pemerintah pusat.

Ada tiga pembangunan infrastruktur jalan yang akan dilaksanakan pada 2022 itu, yaitu rekonstruksi ruas jalan Sadaunta, Kecamatan Kulawi-Anca, Kecamatan Lindu, kurang lebih 17 kilometer. Kemudian pembangunan jalan lingkar Kota Palu 1 dan jalan lingkar Kota Palu 2, yang panjangnya kurang lebih 16 kilometer.

Pembangunan tersebut dibiayai oleh Kementrian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XIV Palu.

Demikian dikatakan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sigi, Ir. H. Iskandar Nongtji, ST.,MM kepada media ini diruang kerjanya, Kamis, 28 Oktober 2021.

H. Iskandar Nongtji menjelaskan, pernyataan yang sudah ditandatangani bupati belum lama ini terkait kesiapan Pemkab Sigi untuk memelihara hibah infrastruktur jalan tersebut apabila sudah selesai pekerjaannya.

“Pak bupati sudah tandatangani pernyataannya bahwa siap menerima kalau sudah selesai pembangunannya. Dalam artian ini menjadi kewajiban Pemkab Sigi untuk memeliharanya,” jelasnya.

“Nama projeknya jalan lingkar Kota Palu, tetapi di dalamya nyambung dengan Kabupaten Sigi. Pembangunannya mulai perbatasan Kawatuna-Loru-Jembatan Kasubi-Marawola-Padanjakaya-Munif Rahman hingga jalan poros Palu-Donggala,” tambahnya.

Tentunya kata dia, dalam program tersebut sangat berarti bagi Pemkab Sigi dalam hal pemulihan ekonomi maupun pengembangan pariwisata di Kabupaten Sigi.

“Saya pikir Ini awal kebangkitan dunia pariwisata di danau lindu, karena infrastruktur memegang peran penting,” ujar mantan Kadis PUP itu.

Apa lagi lanjutnya, jika jalan strategis nasional Lindu yang menghubungkan jalan ke Luwu Utara disetujui.

“Tentunya, Lindu akan menjadi destinasi wisata yang menarik wisatawan lokal maupun internasional untuk datang ke Sigi,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini Pemkab Sigi juga telah menerima pelimpahan aset ruas jalan di kawasan Huntap Pombewe dan jembatan Pombewe yang sudah selesai masa kontruksi oleh Kementerian PUPR.

“Artinya ini menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Sigi untuk memeliharanya,” tutupnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas