AKSI BERSIH-BERSIH - Kolabarasi berbagai organisasi melakukan aksi bersih-bersih dengan sasaran lokasi pantai di Kota Palu, Kamis 28 Oktober 2021.(Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Rumah Bahari Gemilang (Rubalang) melaksanakan Aksi Muda Jaga Iklim, dengan aksi bersih pantai di tiga titik di kota Palu, yaitu Pantai Kelurahan Tondo, Pantai Kelurahan Mamboro dan Pantai Kelurahan Baiya, Kamis 28 Oktober 2021.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi dari EcoNusa dan Jagalaut.id dengan jaringan lembaga lokal ini merupakan gerakan nasional serentak di 76 titik di Indonesia.

Moh. Tofan Saputra selaku Direktur Rubalang mengungkapkan aksi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk turut berpartisipasi dalam menjaga bumi dari krisis iklim.

“Bersih pantai ini kami lakukan sebagai refleksi diri akan situasi iklim saat ini dan juga sebagai representasi semangat Sumpah Pemuda yang bertepatan pada hari ini,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan aksi bersih pantai ini merupakan kegiatan mengambil sampah yang berada di pesisir dengan lokasi yang sudah disepakati bersama.

“Kami memilih tiga pantai tersebut karena banyak sampah di sekitar pantai itu, seperti sampah kiriman,” tambah Tofan.

Diketahui jumlah yang terlibat dalam aksi ini mencapai puluhan orang perwakilan dari 26 organisasi di antaranya,  Nasana Community, KSE Untad, dan Aliansi Pemuda Peduli Sampah Tondo. Dengan adanya aksi ini, Tofan berharap aksi ini bisa menjadi refleksi pribadi setiap kaum muda untuk membentuk dan melakukan perubahan perilaku. Cukup dengan hal sederhana, seperti membawa tas belanja sendiri, atau menggunakan botol minum pribadi. Ia meyakini, jik perubahan perilaku individu bisa tercipta, maka akan tercipta kesadaran kolektif. (mg4)

Ayo tulis komentar cerdas