Wagub H Ma’mun Amir bersama utusan BPIP, Forkopimda Sulteng ada para Duta Pancasila, di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur, Kamis (28/10). (Foto: Admin Pimpinan)
  • BPIP Kukuhkan Duta Pancasila se Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Purnapaskibra Duta Pancasila Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten/kota se Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021, dikukuhkan di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur, Kamis (28/10).

Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Biro Pengawasan Internal Badan Pembinaan Idiologi  Pancasila ( BPIP) RI, Abbas, disaksikan Wagub H Ma’mun Amir dan unsur Forkopimda Provinsi Sulteng.

Dalam prosesi pengukuhan Abbas mengatakan para Purnapaskibra telah menyelesaikan tugas mulia dan tugas negara untuk menaikkan Bendera Sangsaka Merah Putih pada HUT RI yang 76 Tahun 2021.

‘’Namun tugas Purnapaskibraka belum selesai karena ibu pertiwi memanggil untuk terus menjaga martabat bangsa menjaga keutuhan NKRI dan membumikan Pancasila sehingga adik-adik akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila,’’ kata Abbas.

Katanya lagi, Purnapaskibraka akan menjadi teladan dalam mewujudkan cita-cita bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam segala tindakan, rela berkorban untuk mempertahankan keutuhan berbangsa dan bernegara.

Kemudian Abbas menanyakan sebanyak tiga kali, apakah Purnapaskibraka siap diangkat menjadi Duta Pancasila, dan secara serentak Purnapaskibraka menyatakan siap. Setelah itu Duta Paskibraka mengucapkan ikrar setia kepada Pancasila.

Selanjutnya Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila, Yudian Wahyudi membacakan SK tentang Penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila Provinsi Sulawesi Tengah, kabupaten/kota se Sulteng.

Wagub H Ma’mun Amir dalam sambutannya menyampaikan hasil kajian BPIP tentang indeks aktualisasi terhadap 5 sila Pancasila, di mana Sulteng berada pada peringkat ketiga nasional sebagai daerah yang memiliki Indeks Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan memiliki nilai di atas rata-rata nasional.

Wakil Gubernur mengatakan bahwa lima sila Pancasila saling berkaitan, untuk mewujudkan visi dan misi berbangsa, yaitu mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Keadilan sosial hanya dapat dicapai kalau tingkat kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.

Untuk mewujudkan itu Gubernur Sulawesi Tengah menetapkan program peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengurangan pengangguran melalui Program 100 M/Kabupaten/Kota/Tahun juga pendidikan gratis.

Wagub menyampaikan harapan kepada Duta Pancasila dapat terus menjiwai dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.

“Aktualisasikan kepada masyarakat sehingga nilai-nilai Pancasila selalu tumbuh dan hidup di tengah masyarakat,’’ kata Wagub.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas