SAMBUTAN - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Moh Faizal Mang, saat menyampaikan sambutan Gubernur Sulteng di acara Wisuda Universitas Tadulako di Palu, Senin 25 Oktober 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Moh Faizal Mang, meminta perguruan tinggi (PT) di daerahnya mencetak lulusan yang handal dan siap pakai.

“Khususnya ke depan ini, Sulawesi Tengah sebagai salah satu daerah penyangga logistik ibu kota negara di Kalimantan Timur,” ujar Faizal membacakan sambutan gubernur di acara Wisuda Universitas Tadulako (Untad) di Palu, Senin 25 Oktober 2021.

Dikatakan, era industri 4.0 saat ini, lembaga perguruan tinggi dituntut melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas di bidang masing-masing. Olehnya gubernur berharap lulusan PT mengubah pola agar tak lagi berpandangan sukses hanya dengan menjadi pegawai negeri sipil.

Pandangan demikian menurutnya merupakan pola pikir lama yang tak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Banyak bidang lain yang bisa digeluti untuk mencapai titik kesuksesan.

“Harus berani merombak pola pikir lama bahwa orang sukses itu tidak hanya menjadi pegawai negeri sipil. Ayo luruskan niat mengubah pola pikir, jangan takut, harus berani, dan jangan pernah menunda pekerjaan,” ucapnya.

Gubernur juga mengingatkan para lulusan perguruan tinggi jangan sampai melupakan jerih payah orangtua. Apa yang dicapai seorang mahasiswa hingga menjadi seorang sarjana tidak bisa dilepaskan dari jasa-jasa dan doa orangtua.

“Buatlah orangtua selalu tersenyum melihat kalian. Buatlah bangga dan menangis haru dengan air mata bahagia. Jangan buat mereka gusar, apalagi susah, dan menderita memikirkan kalian. Berjuanglah dengan maksimal untuk senantiasa membahagiakan orangtua,” tutur Faizal.

Mewakili gubernur, Faizal mengucapkan selamat kepada Untad yang kembali melahirkan ribuan lulusan-lulusan terbaik. Untad diingatkan agar terus meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Saya ucapkan selamat atas keberhasilan wisudawan-wisudawati lulusan Universitas Tadulako,” tandasnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas