GENCARKAN VAKSINASI - Sejumlah warga antre saat mengikuti vaksinasi Covid-19 di Palu, Rabu 15 Oktober 2021. Pemprov Sulteng terus menggenjot vaksinasi Covid-19 untuk mengejar target 2,1 juta jiwa tervaksinasi. (Antara Foto/ Basri Marzuki/ wsj)

Palu, Metrosulawesi.id – Capaian vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah di Sulteng masih jauh dari target. Untuk mendorong percepatan penyebaran vaksinasi tersebut, Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura kembali meminta pemerintah kabupaten termasuk Kota Palu untuk terus menggencarkan vaksinasi.

“Vaksinasi Covid harus terus didorong agar mencapai target,” kata gubernur di Palu, Ahad 24 Oktober 2021.

Gubernur mengapreasiasi terhadap pemerintah kabupaten dan kota yang telah berhasil menurunkan angka kasus Covid. Gubernur minta kerjasama yang dijalin selama ini bersama TNI dan Polri serta pihak terkait lainnya dalam rangka penanganan Covid terus dilakukan.
Gubernur meminta agar masyarakat Sulteng yang belum divaksin, segera mendatangi tempat-tempat pelaksanaan vaksin untuk mendapatkan vaksin Covid.

Gubernur menegaskan, meski kasus Covid di Sulteng menurun, namun disiplin protokol kesehatan Covid harus terus dijalankan.

“Kondisi ini sangat kita syukuri dan mari terus kita pertahankan, sampai zero penularan di Sulawesi Tengah,” imbuhnya.

Selain itu, Rusdy Mastura menyatakan kedisiplinan terhadap penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid harus tetap ditingkatkan oleh semua pihak.

Salah satu daerah yang capaian vaksinasi terendah di Sulteng, adalah Kabupaten Tojo Unauna. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, bahwa sebaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tojo Unauna, baru mencapai angka 17, 14 persen dan dosis kedua berada pada 9, 91 persen dari jumlah sasaran 114. 399 jiwa.

Sementara di Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng, capaian vaksinasi sudah mencapai 63 persen. Ini artinya menyisakan tujuh persen lagi untuk mencapai 70 persen.

Sebaran vaksinasi Covid 70 persen dari total penduduk adalah syarat masuk zona hijau.

“Itu menjadi salah satu persyaratan ya untuk bisa masuk ke level selanjutnya oleh karenanya sudah terdapat beberapa langkah yang dilakukan agar semua berjalan dengan baik,” kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid.

Sampai saat ini lanjut Hadianto, capaian vaksinasi pada lansia di Kota Palu masih sangat kurang. Karena itu pihaknya mengajak para lansia di Kota Palu melakukan vaksinasi Covid.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas