Danil Rachman. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Palu melaksanakan pelayanan paspor di Universitas Tadulako (Untad). Pelayanan akan berlangsung dua hari mulai Senin hingga Selasa, 25-26 Oktober di Ruang Senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dika (HDKD) tahun 2021 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu menyelenggarakan pelayanan publik tanggal 25 dan 26 Oktober 2021,” terang Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Palu, Danil Rachman, Minggu 24 Oktober 2021.

Dikatakan, HDKD merupakan hari ulang tahun Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang diperingati setiap 30 Oktober 2021. Secara nasional, menyemarakkan HDKD tersebut, diisi berbagai kegiatan yang salah satunya adalah memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat.

“Jenis pelayanan yang diberikan meliputi penerbitan paspor baik baru maupun penggantian dengan system antrean walk-in. Untuk pelayanan penggantian paspor ada persyaratan khusus yaitu pemohon hanya diperkenankan melakukan penggantian paspor terbitan di atas tahun 2009,” tandas Danil.

Sebelumnya, Danil mengungkapkan permohonan pengurusan pasor masih sepi pasca pandemi Covid-19 merebak.

“Selama situasi pandemi ini, khususnya PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) memang berkurang banyak. Pengurusan paspor hanya kebutuhan mendesak seperti keperluan sekolah, kemudian mau bekerja di luar negeri yang memang sudah ada kontrak atau undangan,” ungkap Danil, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Dia mengatakan demikian pula pemohon paspor guna keperluan umrah atau naik haji sangat minim. Hal tersebut dampak belum adanya kepastian pelaksanaan ibadah umrah dan haji bagi masyarakat Indonesia.

“Mungkin masyarakat masih menunggu kepastian, terutama dari pihak travel yang memfasilitasi keberangkatan untuk umrah dan haji,” ujarnya.

Danil menyebut dalam kondisi PPKM saat ini, rata-rata dalam sehari hanya lima sampai 10 pemohon paspor. Namun demikian, petugas Kanim Palu disebut tetap membuka pelayanan keimigrasian.

Pelayanan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat guna memutus penyebaran Covid-19. Petugas dan pengunjung diwajibkan disiplin menggunakan masyarakat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas