Gubernur H Rusdy Mastura di acara peringatan HUT ke-8 Kabupaten Morowali Utara di halaman Kantor Bupati Morowali Utara, Sabtu (23/10). (Foto: Admin Pimpinan)
  • Potensinya Harus Dimaksimalkan untuk Mengentaskan Kemiskinan

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura mengatakan Kabupaten Morowali Utara merupakan daerah yang seksi. Potensi sumber daya alam yang dimiliki Morowali Utara mengundang investor untuk datang berinvestasi.

‘’Potensi yang dimiliki harus dimaksimalkan untuk mengentaskan kemiskinan,’’ kata Gubernur dalam pidatonya di acara peringatan HUT ke-8 Kabupaten Morowali Utara di halaman Kantor Bupati Morowali Utara, Sabtu (23/10).

HUT Kabupaten Morowali Utara dilaksanakan dalam bentuk upacara, dimana Gubernur menjadi pembina upacara. Tahun ini Pemda Morowali Utara mengusung tema ‘’Optimalisasi Potensi Bahari Untuk Kesejahteraan Masyarakat’’.

Gubernur mengatakan masyarakat Saulawesi Tengah tidak boleh diam, menjadi penonton pasif di rumah sendiri.

‘’Tapi harus aktif, dan bergeliat menjadi tuan rumah yang cakap dalam swakelola potensi kekayaan alam daerah,” kata Gubernur.

Ia menyampaikan telah menjalin MoU bersama Gubernur Kalimantan Timur untuk memasok kebutuhan logistik pembangunan calon ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

Selain itu, dalam rangka memulihkan ekonomi, Gubernur telah menjalin MoU dengan BRI terkait penyaluran dana KUR senilai 5 triliun dan penyaluran dana pen senilai 200 miliar rupiah melalui Bank Sulteng. Oleh karenanya, Ia mendorong agar para pelaku UKM, dapat memanfaatkan kesempatan meminjam dana tersebut untuk mengembangkan usahanya.

Gubernur minta bupati Morowali Utara untuk terus memberdayakan dan meningkatkan potensi masyarakat lokal secara link and match. Agar terkoneksi dengan kebutuhan industri dan pengembangan Kabupaten Morowali Utara.

Usai upacara dilanjutkan dengan Pengukuhan Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Morut, pengukuhan Ayah Gendre dan Bunda Gendre, penandatanganan naskah hibah dan berita acara serah terima, serta penyerahan-penyerahan, diantaranya Penyerahan Piagam Penghargaan untuk masyarakat yang berkontribusi bagi pembangunan dan bantuan alat kesehatan.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas