Kasman Lassa. (Foto: Istimewa)
  • Kondisi Kesehatan Sudah Membaik

Donggala, Metrosulawesi.id – Pascaoperasi pengangkatan tumor, kondisi kesehatan Bupati Donggala, Kasman Lassa sudah membaik. Ada tiga ahli beda yang menangani operasinya.

“Kami masih di RS Siloam Makassar. Tolong sampaikan juga bahwa kondisi Bupati Kasman Lassa pasca operasi sudah membaik. Hanya saja waktu kepulangan belum diketahui. Kemungkinan izin cuti berobat ditambah,” kata dr Syahriar, dokter yang mengawal Bupati Donggala itu berobat ke Makassar saat dihubungi, Jumat 22 Oktober 2021.

Pihak RS Siloam Makassar kata Syahriar, belum memberikan izin rawat jalan terhadap Bupati Kasman, karena masih proses perawatan. Dan selama menjalani penanganan sang bupati ditangani oleh tim dokter RS Siloam, tiga diantaranya dokter spesialis bedah dan beberapa di antara ahli penyakit dalam.

“Selama penanganan di RS Siloam Makassar, bupati ditangani oleh tim dokter, yang terdiri dari ahli bedah Urologi, Vaskuler dan bedah Tumor, kemudian ada juga ahli penyakit dalam,” jelasnya.

Syariar mengatakan, pascaoperasi pengangkatan tumor biasanya hanya membutuhkan empat hari saja, tetapi tim dokter yang menangani bupati belum menyampaikan penyampaian resmi kapan diperbolehkan meninggalkan rumah sakit, tetapi fakta di lapangan tumor yang ada di badan telah diangkat.

Ditanya jenis tumor yang diderita bupati, direktur RS Kabelota ini tidak memberikan penjelasan dengan alasan menyangkut sumpah jabatan dokter.

“Maaf dinda ada kode etik kedokteran, RS Siloam tidak bisa mempublish jenis penyakit atau tumor yang diderita bupati, kecuali ada izin dari keluarga pasien dalam hal ini bupati Kasman Lassa,” tutupnya.

Untuk diketahui selama menjalani proses pengobatan, Gubernur Sulteng telah memberikan izin cuti berobat selama tujuh hari, berdasarkan surat gubernur per tanggal 12 Oktober 2021, dengan nomor surat bernomor 850/876/Ro.pemotda.

Isi surat tersebut persetujuan izin berobat kepada bupati kasman lassa terhitung sejak tanggal 11 sampai dengan 17 oktober 2021, dan wakil bupati Moh Yasin diberikan kewenangan menjalankan tugas yang tertuang dalam surat pendelegasian dari bupati Donggala serta melaporkannya ke bupati Donggala.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas