KEMBALI BANGKIT - Tampak aktivitas usaha laundry milik Oktafin di Kampung Tangguh dengan menerapkan protokol kesehatan, Selasa 19 Oktober 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Mengunjungi Kampung Tangguh di Palu

Kasus Covid-19 terus melandai di sejumlah daerah, termasuk Kota Palu, Sulawesi Tengah. Kontribusi penurunan kasus salah satunya dari Kampung Tangguh RT 02 RW 04, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, yang sukses menihilkan kasus Covid-19 hingga kini.

Laporan: Michael Simanjuntak

KAMPUNG Tangguh RT 02 RW 04 Talise Valangguni, sepintas terlihat sama dengan permukiman penduduk umumnya. Namun saat akan memasuki Kampung Tangguh dan di beberapa rumah warga terlihat spanduk imbauan wajib menggunakan masker.

Gerbang utama mengunjungi Kampung Tangguh berada di Jalan Dayodara Palu. Terbentuknya Kampung Tangguh sebagai upaya bersama pihak kelurahan, RT, dan warga dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Kelurahan Talise Valangguni sendiri terdiri atas 6 RW dan 30 RT.
Kepala Seksi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Talise Valangguni, Harun Rasyid, menerangkan Kampung Tangguh dihuni sekitar 60 kepala keluarga. Menurutnya, upaya pencegahan penularan Covid-19 terbangun atas kesadaran warga.

“Awalnya ada yang terkonfirmasi Covid tapi pemerintah kelurahan bersama RT langsung inisiatif menutup akses keluar masuk. Itu digiatkan dengan portal dan menyiapkan rumah khusus bagi yang isoman (isolasi mandiri) serta koordinasi dengan pihak Puskesmas. Itu yang sampai bisa menekan sehingga tertangani dengan baik,” terangnya.

Warga juga disebut secara swadaya saling membantu bagi yang terpapar Covid-19. Bantuan berupa beras hingga makanan siap saji. Dengan kekompakan tersebut, sejak pertengahan tahun 2020 sampai saat ini tidak ada lagi kasus Covid-19 di Kampung Tangguh.

Meski sudah nihil kasus, pihak RT tetap konsisten memberlakukan pembatasan aktivitas hingga pukul 23.00 WITA. Semua akses keluar masuk ditutup dan dijaga petugas yang digaji dari swadaya masyarakat.

Saat ini warga Kampung Tangguh beraktivitas dengan berbagai profesi yang tetap mengutamakan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan diantaranya memakai masker. Harun menyebut di Kampung Tangguh hampir mencapai 40 usaha mikro kecil (UMK) milik warga yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari pakaian, makanan, minuman, dan usaha lainnya seperti laundry. Dengan usaha-usaha tersebut terus menggerakkan perekonomian warga.

Salah satu Toko Masyarakat setempat, Wahid Mardani, mengakui kekompakan warga menjadi faktor utama dari keberhasilan menihilkan kasus Covid. Sinergitas dibangun antara pemerintah kelurahan, RT/RW, unsur Satgas, dan warga.

“Kami masyarakat merasa dengan adanya Kampung Tangguh memunculkan kreativitas agar bagaimana selau sehat, ingin bersih, dan bisa selalu terpenuhi kebutuhan sandang pangan,” ucap Wahid.

Dia menambahkan Kampung Tangguh memiliki beberapa program diantaranya tangguh pangan, tangguh ekonomi, tangguh pendidikan, dan tangguh kesehatan. Salah seorang warga Kampung Tangguh, Oktafin, juga mengakui tidak ada lagi kasus Covid-19 di lingkungannya.

Di Kampung Tangguh, Oktafin menggeluti usaha jasa cuci pakaian atau laundry yang mempekerjakan karyawan. Ia mengharapkan bantuan pemerintah untuk mendukung usahanya.

“Semoga ada bantuan di masa pandemi seperti saat ini,” ujar wanita yang mengaku single parent.

Diketahui, Kampung Tangguh Talise Valangguni mendapat  penghargaan sebagai Kampung Tangguh sangat baik  dari 34 Propinsi di Indonesia  dengan indikator  efektifitas,  tracking  dan ketersediaan Posko PPKM  penanggulangan Covid-19.
  
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi replikasi sukses Kampung Tangguh di RT 02 RW 04, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu yang berhasil menihilkan kasus aktif Covid-19 sejak Juni 2020.

Dalam kunjungannya ke Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, pada akhir Agustus lalu, Menko Airlangga yang juga selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) meninjau langsung Kampung Tangguh yang telah melakukan penanganan pandemi Covid-19 dengan sangat baik. 

Dalam kesempatan tersebut Airlangga menyerahkan bantuan berupa paket sembako, masker serta motor sampah untuk warga Kampung Tangguh yang secara simbolis diterima oleh Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido. (**)

Ayo tulis komentar cerdas