BERSAMA WAKIL -Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura (kiri) berbincang bersama wakilnya, Ma'mun Amir dalam suatu kesempatan. (Foto: Admin Pimpinan)
  • Kasus Covid Menurun, Apresiasi Kerja Satgas

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura mengapresiasi penurunan kasus Covid-19 di Sulteng. Gubernur meminta seluruh masyarakat dapat mempercepat sebaran vaksin.

“Saya meminta agar masyarakat sadar dan patuh mendatangi gerai vaksin, puskesmas dan tempat-tempat yang sudah ditetapkan untuk disuntik vaksin,” kata Gubernur Rusdy seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Metrosulawesi, Ahad malam, 17 Oktober 2021.

Gubernur juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Jangan lalai untuk melaksanakan 3M, pakai masker, mencuci tangan, dan menghidari kerumunan,” ujar gubernur.

“Turus jaga diri. Jaga keluarga dan jaga sesama. Kita bersama melawan Covid,” tambah gubernur.

Dalam tiga bulan terakhir ini, kasus positif Covid di Sulteng terus menurun. Gubernur mengajak semua pihak untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi yang ada. Sehingga Sulawesi Tengah bebas dari penularan Covid.

“Jangan lalai dan kita bersama pasti bisa melawan Covid,” kata gubernur lagi.

Data yang diperoleh dari Pusdatina Covid Sulteng, pada Ahad 17 Oktober 2021, terjadi penambahan sebanyak tiga kasus—terendah dalam tiga bulan terakhir. Total kasus Covid di Sulteng sebanyak 46.813 kasus.

Sumbangan tiga kasus itu masing-masing berasal dari Kabupaten Sigi, Poso dan Banggai. Sedangkan 10 daerah lainnya nol penambahan kasus Covid.

Hingga Ahad, total pasien Covid yang disembuh mencapai 44.951 orang. Pada hari itu terdapat penambahan pasien sembuh sebanyak 13 orang. Yaitu dari Banggai Kepulauan lima orang, Sigi empat orang, Tolitoli tiga orang, dan Banggai satu orang.

Sementara itu jumlah pasien Covid yang masih dalam perawatan sebanyak 281 orang. Terbanyak ada di Kabupaten Banggai Kepulauan sebanyak 59 orang. Disusul Kabupaten Poso 47 orang, Morowali Utara 42 orang, dan sejumlah daerah lainnya. Masih ada 31 sampel dalam proses laboratorium di Dinas Kesehatan.

Gubernur Rusdy mengapresiasi kinerja Satgas Covid Sulteng, Kabupaten/Kota, TNI/Polri, bupati dan walikota, serta semua pihak yang telah berperan dalam penanggulangan Covid.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat yang terus mematuhi protokol kesehatan, sehingga dengan kebersamaan dan kalaborasi yang kuat, hasilnya dapat dilihat bahwa tingkat konfirmasi sangat rendah.

“Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit dan Isolasi terpadu saat ini hanya berjumlah 81 pasien, isolasi mandiri sebanyak 200. Kondisi ini sangat kita syukuri dan  mengharapkan mari terus kita pertahankan sampai zero penularan di Sulawesi Tengah,” pungkas gubernur.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas