Rahmanur - Moh Yasin. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Bupati Donggala, Kasman Lassa mengambil cuti untuk berobat. Berdasarkan Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah, maka untuk Wakil Bupati Moh Yasin menggantikannya selama Kasman menjalani masa cuti.

“Pergantian sementara Bupati Kasman Lassa berdasarkan Pasal 65 (4) UU Pemerintahan Daerah, pak Bupati Kasman Lassa langsung yang menyampaikan ke kami” kata Kepala Bagian Pemerintahan (Tapem) Rahmanur di kantornya, Jumat sore 15 Oktober 2021.

Rahmanur menjelaskan permintaan Bupati Kasman Lassa sudah ditindaklanjutinya dengan melayangkan surat ke gubernur perihal permohonan cuti berobat. Hanya saja lamanya cuti yang diberikan oleh gubernur belum ia ketahui.

“Surat ke Gubernur sudah saya lanyangkan pada tanggal 11 Oktober kemarin dengan nomor surat 875.1/0673/Bag.umum. Belum diketahui persis izin cuti yang diberikan gubernur, karena surat kami belum dibalas. Bisa saja 7 hari atau lebih, tergantung izin dari gubernur,” sebutnya.

“Di Surat permintaan cuti ke Gubernur kami juga sisipkan surat keterangan dokter RS Budi Agung, karena selama empat hari pak Bupati Kasman Lassa dirawat di RS Budi Agung, dan sekarang pak bupati dirujuk ke RS Siloam Makassar,” jelasnya.
Terpisah Wakil Bupati Moh Yasin yang dimintai keterangan di rumah jabatannya mengatakan siap menggantikan posisi pak Bupati Kasman Lassa yang sedang cuti berobat.

“Saya akan jalankan tugas selama pak bupati cuti berobat. Dan saya akan tetap berkoordinasi dengan pak Bupati Kasman Lassa,” singkatnya.

Diketahui izin lamanya cuti bupati ditentukan oleh Gubernur, berdasarkan aturan izin cuti yang dikeluarakan Gubernur hanya 4 kali atau satu bulan, jika melebihi izinnya dilanjutkan ke mendagri.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas