TERIMA PENGHARGAAN - Gubernur H. Rusdy Mastura (kiri) menerima plakat penghargaan pencapaian predikat WTP lima kali berturut-turut yang diserahkan Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sulawesi Tengah Irfan Amri di Palu, Kamis 14 Oktober 2021. (Foto: Admin Pimpinan)
  • Sejumlah Daerah Terima Penghargaan WTP Lima Kali

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura menerima piagam WTP (wajar tanpa pengecualian) tahun 2020 dan plakat penghargaan pencapaian predikat WTP lima kali berturut-turut. Penghargaan itu diserahkan oleh Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sulawesi Tengah Irfan Amri di Palu, Kamis 14 Oktober 2021.

Selain Pemprov, penghargaan serupa juga diterima sejumlah kabupaten lain. Untuk Penghargaan Predikat WTP lima kali, yakni: Bupati Banggai, Bupati Tojo Una Una, Bupati Buol dan Walikota Palu. Sembilan kabupaten lainnya yang mendapat Piagam WTP 2020, yakni: Kabupaten Sigi, Donggala, Tolitoli, Morowali , Morut, Poso, Balut dan Parigi Moutong. Kecuali Kabupaten Bangkep, BPK menyatakan tidak menyatakan pendapat atas LKPD tahun 2020.

Irfan mengapresiasi atas prestasi yang diraih tersebut. Dia berharap, Pemda terus menjalin komunikasi yang baik kepada seluruh stakeholder, termasuk BPK,  BPKP dan Departemen Keuangan untuk merumuskan strategi mengantisipasi berbagai tantangan dan proses penyusunan dan pemerikasaan LKPD tahun 2021.

Pencapaian WTP bagi daerah menurut Irfan merupakan sarana yang menggambarkan kondisi sebuah penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang telah mampu menerapkan transparansi dan good governance khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah.

Irfan berharap agar pemerintah daerah melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan pertanggungjawaban APBN dan APBD tahun 2021 yang kredibel, transparan dan akuntabel, dan mengoptimalkan peran Aparat Pengawas Interen Pemerintah (APIP) dalam mengawal pandemi Covid-19.

Gubernur Rusdy mengajak seluruh bupati dan Walikota untuk membangun Sulawesi Tengah dengan niat yang baik, dan jujur.

“Yakinlah bahwa kita bukan penduduk bumi ini, tetapi kita penduduk akhirat. Sangan sampai di akhirat kita disampaikan bahwa kita sudah memimpin tapi masih banyak masyarakatmu yang miskin. Karena saya meminta agar luruskan niat,” kata gubernur.

Gubernur menyampaikan, pihaknya sudah mendapat persetujuan dari Menteri Desa, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal untuk program smart village di 1.000 desa di Sulteng melalui dana ADD.

“Kita syukuri bahwa semua desa kedepan tidak ada lagi yang tidak ada jaringan internet, olehnya dengan jaringan tersebut masyarakat Sulawesi Tengah 5-10 tahun kedepan menjadi masyarakat yang pintar,” kata gubernur.

Gubernur menyampaikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat perlu program pemberdayaan masyarakat. Untuk itu, gubernur meminta kepada bupati dan walikota agar mendorong masyarakat untuk memanfaatkan Kredit Bunga Rendah dan tanpa agunan dengan kredit di bawah Rp100 juta.

“Ada MoU yang sudah disepakati gubernur dengan BRI tentang pemberian kredit UMKM kepada masyarakat sebesar Rp5 triliun. Saya minta agar masyarakat difasilitasi untuk mendapatkan kredit tersebut. Jangan sampai hanya perusahaan besar yang menikmati,” tekan gubernur.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas