VAKSINASI - Wabup Sigi, Samuel Y Pongi didampingi Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Sigi, H. Iskandar Nongtji saat meninjau vaksinasi masal di lapangan Desa Kotapulu, Kecamatan Dolo. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi gencar melakukan percepatan vaksinasi. Selain membuka sejumlah gerai vaksin, Pemkab Sigi juga akan melakukan strategi percepatan vaksinasi dengan cara melibatkan RT.

“Kedepan ada strategi yang akan dilakukan yaitu bekerjasama dengan RT,” ungkap Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Y Pongi, Senin, 11 Oktober 2021.

Dijelaskan, nantinya para ketua RT akan menjadi penanggung jawab di wilayahnya masing-masing untuk mengajak warganya melakukan vaksin. 

Kata Wabup, vaksinasi dilakukan hanya kepada mereka yang memenuhi syarat oleh tim medis.

“Karena kalau tidak memenuhi syarat kan tidak boleh dipaksakan, misalnya punya penyakit bawaan yang oleh medis tidak boleh dilakukan vaksin. Tetapi berdasarkan catatan medis bukan pengakuan,” ujarnya.

Diketahui, Pemkab Sigi membuka lokasi vaksinasi antara lain di halaman Kantor Samsat Sigi, Desa Kalukubula, lapangan Desa Kota Pulu, Kecamatan Dolo dan di halaman Masjid At-Takdir, Desa Baliase, Kecamatan Marawola.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sigi per 10 Oktober 2021, capaian vaksinasi di Sigi mencapai mencapai 32.297 orang atau 17,46 persen dari target 184.952 orang. Sementara capaian vaksinasi Covid-19 dosis dua mencapai 7,8 persen atau 14.766 orang. Sedangkan vaksinasi bagi tenaga kesehatan mencapai 454 orang atau 41,31 persen.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi – Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas