SAMBUTAN - Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha, saat menyampaikan sambutan di kegiatan, sosialisasi regulasi kembagaan KUA, di salah satu Hotel di Palu, Selasa, 12 Oktober 2021. (Foto: Istimewa)
  • Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA

Palu, Metrosulawesi.id – Seksi Kepenghuluan dan Bina KUA Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Kanwil Kemenag Sulteng menggelar Sosialisasi Regulasi Kelembagaan KUA di salah satu Hotel di Palu, Selasa, 12 Oktober 2021.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha mengharapkan, kegiatan tersebut dapat mengembangkan wawasan review dan update perkembangan pengelolaan regulasi kelembagaan KUA. Dimana berorientasi pada penguatan aspek regulasi, sebagai sandaran kinerja operasional pelayanan dan dalam memetakan kebijakan.

“Saya berharap juga forum ini bisa memberikan masukan yang positif untuk mengatasi ketimpangan peraturan, serta sebagai upaya alternatif untuk menyelesaikan sengketa dan norma yang saling berseberangan, sebagai bahan analisis dan review peraturan,” kata Ulyas.

Ulyas mengatakan, regulasi harus sejalan dan mampu mendorong kemajuan teknologi yang berkembang pesat. Lembaga KUA dituntut untuk mampu memberikan stimulus positif pada sektor-sektor pembangunan, khususnya bidang agama.

“Kegiatan ini tentunya sebagai bahan evaluasi dan penyamaan persepsi, dalam memahami peraturan. Sebab masih banyaknya regulasi yang tumpang tindih, serta multi tafsir yang menghambat pelayanan publik. Olehnya itu perlu diminimalisir terjadinya risiko atas kebijakan yang berkembang khususnya lembaga KUA yang memberikan pelayanan langsung pada masyarakat,” ungkapnya.

Ulyas berharap, di Sulteng akan ada lompatan yang harus dilakukan, agar masyarakat bisa melihat adanya inovasi sebagai budaya kerja Kemenag.

Selain itu, Ulyas juga mengapresiasi Bimais Kemenag Sulteng, Kepala KUA dan Penghulu dalam mensukseskan kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepenghuluan dan Bina KUA, H. Irwan mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan wawasan dan update perkembangan, serta pengelolaan regulasi kelembagaan KUA yang berorientasi pada penguatan aspek regulasi sebagai sandaran kinerja operasional pelayanan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 17 Peserta yang berasal dari empat kabupaten di Sulteng, terdiri dari empat orang kepala seksi dan selebihnya para kepala KUA dan penghulu.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas