Muhammad Irfan Marailah. (Foto: Istimewa)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Parigi Moutong, Muhammad Irfan Marailah menerangkan, bahwa pihaknya tengah meminta penambahan armada pengangkut sampah untuk memaksimalkan penanganan sampah di kota Parigi.

“Perlu diketahui, bahwa kami terus melakukan upaya pengusulan pengadaan armada agar pengadaan armada bisa terealisasikan, karena hal itu kami sampaikan pada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama pihak Banggar DPRD Parimo. Bahkan, ke pemerintah pusat melalui kementerian terkait,” terang Muhammad Irfan Marailah, baru – baru ini di Parigi.

Lanjut dia, untuk mengatasi masalah sampah di dalam kota Parigi hingga kecamatan Torue, pihaknya membutuhkan sepuluh armada pengangkut sampah dan tiga kontainer.

Sebab, dengan kurangnya armada pengangkut sampah, mengakibatkan masih banyak sampah tersisa di tempat pembuangan sampah sementara.

“Karena dengan kurangnya armada pengangkut sampah tersebut, kami hanya fokus pada fasilitas umum saja seperti pasar, dan kantor pemerintahan. Dan untuk sampah yang ada di rumah – rumah warga hanya sekali kali kami angkut, itu diakibatkan karena kurangnya Armada pengangkut sampah pada kami,” ujarnya.

Selain itu kata dia, dengan adanya penambahan armada tersebut dapat membantu pihaknya dalam penegakan Peraturan Perda retribusi persampahan yang sudah disahkan tahun ini.

“Untuk itu, kami berharap agar pihak DPRD Parimo yang merupakan pemilik hak budgeting, bisa menganggarkan pengadaan Armada pengangkut sampah tersebut. Karena, kami memastikan, akan memberikan kontribusi Penambahan Asli Daerah (PAD), jika pengusulan kami itu dapat direalisasikan. Selain itu, didalamĀ  pelaksanaan pengelolaan sampah sesuai Perda, kami akan melakukan kerjasama dengan pihak kelurahan,” tutupnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas