Denny Taufan. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Denny Taufan mengungkapkan, saat ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Palu sudah turun menjadi level dua. Keberhasilan turunnya angka Covid-19 di Palu berkat kerja tim dari berbagai pihak, diantaranya Tim Surveilans serta tim lainnya yang telah mengamati perkembangan serta mengawal penurunan level tersebut.

“Saya menjabat Kepala Dinas Kesehatan Palu belum terlalu lama, namun saya berupaya menekan trend kasus Covid-19 lebih maksimal lagi, melalui penguatan kelembagaan yang ada. Misalnya meningkatkan Tim Tracking di lapangan baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan. Saya berharap tim itu bersama-sama bersinergi dalam melakukan pengawasan yang cukup signifikan, sehingga memberikan daya tekan maksimal terhadap penurunan kasus Covid-19,” jelas Denny, di ruang kerjanya, belum lama ini.

Denny mengatakan, turunya level di Kota Palu akan ditekan secara maksimal. Jika perlu turun levelnya dalam kurun waktu dua minggu, sehingga tidak terlalu lama melandai.

“Intinya adalah daya tekan dalam arti kata memberikan penguatan terhadap sistem yang ada, untuk penebalan-penebalan konsep dalam rangka penurunan angka Covid-19 itu sendiri,” ungkapnya.

Menurut Denny, pihaknya dalam waktu dekat akan mengundang sejumlah pihak Puskesmas untuk menindaklanjuti penekanan kasus Covid-19 agar lebih maksimal.

“Saat ini juga masyarakat sudah mulai euforia, memang itu normatif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Tetapi hal ini perlu disadari bahwa Covid-19 belum berakhir, maka rambu-rambu protokol kesehatan harus diperhatikan,” ujarnya.

Denny mengkhawatirkan, kasus Covid-19 akan kembali meningkat. Maka pihaknya berharap program tatanan kehidupan baru (new normal) perlu gencar dilakukan. Artinya tatanan yang sudah dilakukan di masa pandemi kemarin itu tetap menjadi standar pelaksanaan sosial kemasyarakatan.

“Misalnya pesta harus perjamuan itu bagus sekali. Artinya ketika ini masih dilaksanakan oleh masyarakat, kita bisa tekan angka kasus Covid-19 lebih maksimal. Inilah yang saya maksudkan dengan penebalan konsep,” ungkapnya.

Selain itu, kata Denny, Dinkes Palu sangat mengucapkan terimakasih kepada pihak swasta yang tetap bekerjasama dalam gencarmya melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas