BANJIR - Tampak lumpur dan material pascabanjir bandang di Desa Salua Kecamatan Kulawi, Senin, 11 Oktober 2021. (Foto: Istimewa)
  • Jalan Palu-Kulawi Tertutup Longsor

Sigi, Metrosulawesi.id – Banjir bandang akibat intensitas hujan tinggi terjadi di Desa Salua, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Ahad, 10 Oktober 2021. Sedikitnya sepuluh rumah warga tertimbun lumpur dan material.

“Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi ada sepuluh rumah yang terendam lumpur serta material,” ungkap Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Y Pongi kepada media ini, disela kegiatan vaksinasi di Dolo, Senin, 11 Oktober 2021.

Dikatakan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Sementara warga yang mengungsi mulai kembali ke rumah.

Wabup menjelaskan, banjir yang terjadi bukan karena luapan sungai besar yang saat ini sudah dipasang sabo dam, melainkan luapan sungai-sungai kecil yang lain.

“Jadi Salua itu ada beberapa sumber air, kalau sumber air yang besar sekali itu sudah aman karena ada sabo dam. Yang banjir ini sumber air lainnya dan kami akan koordinasi untuk tata penanganannya,” ujarnya.

“Tadi kita dapat iniformasi dari kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III, ini akan ditanganai BWSS karena mendapat perintah langsung dari pak dirjen,” tambahnya.

Usai meninjau vaksinasi massal, Wabup langsung bergeser meninjau lokasi banjir bandang Desa Salua, Kecamatan Kulawi.

Sementara itu, arus lalu lintas di jalan Trans Palu-Kulawi Desa Salua, Kecamatan Kulawi saat ini belum dapat dilalui kerena tertimbun material akibat longsor yang terjadi pada Ahad, 10 Oktober 2021. Demikian dikatakan Kasat Lantas Polres Sigi, AKP Amran saat melakukan giat pengaturan lalu lintas di lokasi longsor tersebut.

AKP Amran mengatakan, peristiwa tanah tersebut terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi yang menyebabkan tanah dipinggiran jalan longsor metutupi badan jalan. Lanjutnya, untuk saat ini anggota Satlantad Polres Sigi telah berada di lokasi guna memantau dan melakukan pengamanan alat berat yang di sediakan oleh Pemda untuk melakukan pembersihan sisa material.

“Kepada para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan waspada saat berkendara mengingat cuaca saat ini selalu berubah-ubah,” imbaunya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas