Munari. (Foto: Metrosulawesi/ Ginda Sari)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Universitas Tadulako, Dr Ir H Munari ST SH MM, mengungkapkan sejumlah fakultas telah menyampaikan kesiapan akan mulai melaksanakan perkuliahan tatap muka (PTM) dalam bulan ini.

“Ini sesuai instruksi dirjen untuk mengadakan kuliah tatap muka yang dituangkan dalam edaran rektor. Intinya diserahkan ke fakultas mengatur karena mereka yang lebih tahu situasi dan lingkungan masing-masing,” ungkapnya, Senin 11 Oktober 2021.

Munari mengutarakan fakultas yang telah menyampaikan kesiapan melaksanakan PTM yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

“Tapi ada juga fakultas yang menyampaikan akan memulai kuliah tatap muka nanti semester depan,” ucap Munari.

Dia mengatakan mahasiswa yang bisa mengikuti PTM harus sudah divaksin Covid-19 minimal dosis ke satu dan atas izin orangtua atau wali. Tujuannya untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran virus corona.

“Kalau yang tidak bisa vaksin karena alasan kesehatan harus menunjukkan surat keterangan,” ujar Munari.

Dikatakan, pelaksanaan PTM disesuaikan dengan kapasitas masing-masing ruangan setiap fakultas. Olehnya dipastikan sebagian mahasiswa akan tetap mengikuti perkuliahan secara daring.

“Intinya kuliah tatap muka belum 100 persen karena masih tetap harus menerapkan prokes (protokol kesehatan). Jadi nanti ada yang hanya 35 persen dan ada yang 30 persen tergantung failitas di masing-masing fakultas,” tandas Munari.

Sebelumnya diberitakan, jajaran pimpinan Universitas Tadulako (Untad) telah menyepakati untuk Perkuliahan Tatap Muka (PTM). Namun pelaksanaannya tergantung kesiapan pihak fakultas.

Kesepakatan PTM setelah mempertimbangkan pandemi Covid-19 yang telah menurun di wilayah Kota Palu. Selain itu, adanya penurunan level PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di daerah ini.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas