Ridwan Mumu. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Tombolotutu Calon Pahlawan Nasional Pertama dari Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Tinggal selangkah lagi Tombolotutu bakal menjadi Pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah (Sulteng). Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng, H Ridwan Mumu, mengungkapkan pengusulan Tombolotutu menjadi Pahlawan Nasional tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo.

“Sekarang prosesnya sudah sampai ke tingkat Presiden. Sekarang sudah di meja Presiden,” ungkapnya, Senin 11 Oktober 2021.

“Tinggal menunggu apakah Presiden acc atau tidak, kita berdoa sama-sama,” tambah Ridwan.

Ridwan menyampaikan berdasarkan informasi yang disampaikan pihak Kementerian Sosial RI, hampir dipastikan Tombolotutu akan disetujui Presiden menjadi Pahlawan Nasional pertama dari Sulteng.

“Tahun ini dari Sulawesi Tengah hanya Tombolotutu yang tembus ke meja Presiden,” ucapnya.

Dikatakan, kepastian Tombolotutu menjadi Pahlawan Nasional akan keluar pada akhir Oktober mendatang. Hal tersebut menyesuikan rencana penganugerahan gelar Pahlawan Nasional pada awal November 2021. Direncanakan penganugerahan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November.

Ridwan mengaku dalam proses pengusulan Tombolotutu menjadi Pahlawan Nasional mendapat dukungan penuh dari pihak keluarga. Pihak keluarga membantu penyiapan syarat dan dokumen dalam rangka menyukseskan Tombolotutu menjadi Pahlawan Nasional. Atas dukungan penuh pihak keluarga, pengusulan Tombolotutu disebut bisa lebih cepat dari tokoh-tokoh lainnya.

“Kami juga dari dinas sosial sangat intens mengurusnya karena dukungan dari pihak keluarga sangat kuat. Semua itu agar pengusulan Pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah bisa tembus,” ujar mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng itu.

Dia mengharapkan usulan Tombolotutu menjadi Pahlawan Nasional bisa sesuai keinginan. Itu karena sampai saat ini Sulawesi Tengah belum mencatatkan tokoh daerah dengan gelar Pahlawan Nasional.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas