SAMBUTAN - Kepala Kantor Kemenag Palu, Nasruddin L. Midu, saat menyampaikan sambutan di kegiatan Pembinaan ASN, di MAN 2 Palu, belum lama ini. (Foto: Istimewa)
  • Integritas-Profesionalisme ASN Penting Diterapkan

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Palu, Dr. Nasruddin L. Midu mengungkapkan, pada prinsipnya Kemenag Palu telah bersiap menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Surat rekomendasi kita dari Kemenag Palu dengan koordinasi Satgas Covid-19 sudah dibuat. Insyaallah dalam waktu dekat madrasah di Palu sudah bisa menggelar PTM,” kata Nasruddin, saat menjadi pemateri pembinaan ASN di MAN 2 Palu, belum lama ini.

Selain itu Nasruddin memberikan pemahaman tentang beberapa hal terkait kedisiplinan dan profesionalisme sebagai seorang ASN. Menurutnya, integritas ASN sangat erat hubungannya dengan ahlak kerja pegawai.

“Ahlak pegawai yang dimaksud adalah setiap tingkah laku, tindakan, serta ucapan yang dilakukan oleh ASN tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Kata dia, integritas dan profesionalisme ASN merupakan hal penting. Hal ini didasari data yang didapatkan saat dilakukannya pemetaan penyuluh.

“Integritas itu penting kita terapkan, karena ada ASN terindikasi terpapar radikalisme, yang bersangkutan bisa diberhentikan,” tegasnya.

Menurutnya, hal lain yang dijabarkan dalam materinya yakni visi-misi Kemenag, kedisiplinan ASN, kode etik, kode perilaku ASN, pentingnya komunikasi dan kordinasi, serta sosok guru yang wajib menjadi teladan bagi siswanya.

“Saya yakin jika hal-hal tesebut (dalam materi) bisa kita terapkan, MAN 2 bisa bersaing dengan sekolah unggulan lainnya,” katanya.

Dalam kegiatan itu, didampingi Kamad dan Kaur TU MAN 2, Kakankemenag juga menyempatkan diri memonitoring perkembangan pembangunan gedung dan sarana prasarana MAN 2 yang dibangun oleh Kementerian PUPR.

“Insya Allah pekerjaannya akan selesai di akhir Desember dan diharapkan diresmikan pada awal 2022,” harapnya.

Dia berharap, pembangunan fasilitas gedung dan sarana prasarana tersebut sejalan dengan peningkatan sumber daya manusia di MAN 2, lewat proses belajar mengajar yang lebih kondusif.

“Selain itu kita berharap, kehadiran program boarding school disini bisa membina santriwan dan santriwati untuk mengangkat prestasi akademik MAN 2 ke jenjang yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas