Kegiatan seremonial opening KIMON QRIS II yang digelar BI Perwakilan Sulteng ditandai dengan penekanan tombol oleh Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura, Sabtu (9/10). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tengah mendorong Pemerintah Provinsi Sulteng menggunakan digitalisasi dalam transaksi pemerintah. Hal ini mendapat respons positif dari Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura, yang menyatakan mendukung digitalisasi dalam transaksi keuangan pemerintah.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Tengah, Abdul Majid Ikram mengatakan BI terus mengembangkan program “Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan”. Artinya memindahkan kegiatan ekonomi dan kegiatan keuangan yang tadinya dilakukan secara konvensional (transaksi langsung/tatap muka) ke sistem digital.

Abdul Majid Ikram mengatakan, digitalisasi ekonomi dan keuangan yang dilakukan BI dan pemerintah menyasar seluruh agen-agen ekonomi, baik pemerintah pusat, daerah, pengusaha dan tak kalah penting Ialah rumah tangga.

‘’Saat ini Pemerintah Pusat telah mencanangkan 12 juta UKM wajib menggunakan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS),’’ katanya.

Sebab di tengah pandemi ini pelaku UKM salah satu terdampak cukup berat. Pelaku UKM tidak bisa tatap muka atau terbatas. Pandemi Covid-19 mendorong para pelaku UMKM untuk terus berinovasi.

‘’Beradaptasi terhadap perubahan perilaku konsumen, merupakan salah satu bentuk pembaruan agar para pelaku UMKM ini dapat bertahan di masa pandemi ini,’’ kata Abdul Majid Ikram saat opening ceremony Kimon Qris 2, Sabtu (9/10).

Gubernur H Rusdy Mastura mengatakan sangat mendukung program transaksi keuangan berbasis digital dan elektronik. Gubernur juga mengapresiasi inisiatif BI Perwakilan Sulteng yang menyelipkan kearifan lokal sebagai jargonnya yaitu “Kamai Kita Pura Mobalanja Mompake Qris”.

‘’Semoga dengan strategi ini bisa memperluas tren transaksi digital di masyarakat,’’ kata Gubernur. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas