Pertemuan Wagub H Ma’mun Amir dengan para kepala SMA/SMK se Kabupaten Banggai, Rabu (6/10). (Foto: Admin Pimpinan)
  • Pemprov Akan Siapkan Anggaran untuk Guru Honor

Palu, Metrosulawesi.id – Tahun 2022 tinggal beberapa bulan lagi. Pada tahun itu pendidikan gratis akan dimulai di Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini ditegaskan Wagub Sulteng H Ma’mun Amir di hadapan kepala SMA/SMK di Kabupaten Banggai, Rabu (6/10).

Dalam pertemuan itu Wagub berbicara tentang visi misi pemerintah meningkatan kualitas pendidikan melalui pendidikan vokasi dan pendidikan gratis.

‘’Tidak ada alasan, ke depan anak-anak tidak ada yang putus sekolah, pendidikan gratis tahun 2022 sudah harus dilaksanakan dengan baik,’’ kata Wagub.

Menurutnya untuk mewujudkan pendidikan gratis, Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura telah mencabut Surat Keputusan Gubernur tentang Sumbangan Pendidikan. Untuk mencegah terjadinya pungutan, pemerintah provinsi akan mengalokasikan anggaran untuk honor guru honorer.

‘’Saat ini kita mendengar bersama hasil laporan kepala sekolah sudah tidak lakukan pungutan lagi untuk biaya sumbangan pendidikan bagi anak sekolah. Kalau hari ini sudah tidak dilakukan pungutan berarti kebutuhan operasional sekolah tercukupi melalui dana BOS,’’ kata Wagub.

Dalam kesempatan itu Wagub mengingatkan seluruh kepala SMA tidak melakukan proyek. Kepala sekolah diminta fokus untuk memperhatikan kualitas pendidikan, meningkatkan kualitas anak didik yang siap menyongsong kebutuhan angkatan kerja atau anak didik yang siap bersaing untuk menyongsong pendidikan yang lebih tinggi.

Berkaitan dengan penataan aset, Wakil Gubernur meminta agar seluruh tanah lokasi sekolah harus segera disertifikatkan. Hal ini juga untuk melaksanakan rekomendasi KPK tentang penataan aset daerah. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas