TUTUP - Kantor Imigrasi Kelas Palu di Jalan Tanjung Dako Nomor 19 Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Imigrasi (Kanim) Palu terus berbenah guna mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui studi tiru ke Kantor Imigrasi Tanjungpandan, baru-baru ini.

“Rombongan studi tiru Kantor Imigrasi Palu secara detail mempelajari sukses story serta sharing knowledge terkait pembangunan Zona Integritas di Kantor Imigrasi Tanjung Pandan apa saja yang harus diimplementasikan baik secara substantif atau fasilitatif, sarana prasarana pendukung dan skala prioritas program kerja,” terang Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Palu, Danil Rachman, Rabu, 6 Oktober 2021.

Dia menerangkan Kanim Palu memilih Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan karena sukses berturut-turut meraih predikat WBK dan WBBM. Sebelumnya diberitakan, Kepala Kanim Kelas I TPI Palu, Dewanto Wisnu Raharjo, langsung tancap gas untuk mewujudkan predikat WBK. Ia resmi melakukan serah terima jabatan memimpin Kanim Palu menggantikan Wahyu Wibowo pada Selasa, 16 Februari 2021.

Wisnu mengaskan pegawai Kanim Palu wajib disiplin dan dalam setiap pekerjaan harus ada output capaian. Selain itu, harus ada ide inovasi meskipun bukan berbau IT (informasi teknologi).

“Dengan adanya hal tersebut kita mampu untuk berubah dan meraih predikat WBK,” ujar Wisnu saat memimpin Apel pagi perdana di Kanim Palu, Senin, 22 Februari 2021.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi, membeberkan target semua satker (satuan kerja) bisa meraih zona integritas WBK tahun 2021. Disebut, total satuan kerja di bawah naungan Kanwil Kemenkumham Sulteng sebanyak 17 satker.

“Baik Lapas (lembaga pemasyarakatan), Rutan (rumah tahanan negara), Bapas (balai pemasyaratan), Rupbasan (rumah penyimpanan benda sitaan negara), maupun kantor imigrasi, harus menyusul WBK yang diraih kantor wilayah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) pada 2020,” ujar Lilik saat deklrasi janji kerja dan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di Aula Kantor Kemenkumham Sulteng Jalan Dewi Sartika Palu, Selasa, 9 Februari 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas