PIMPIN RAPAT - Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes, saat memimpin langsung Rapat Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemerintah Kota Palu di ruang rapat Bappeda Kota Palu, Senin, 4 Oktober 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes memimpin langsung Rapat Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemerintah Kota Palu yang tertuang dalam dokumen RPJMD Kota Palu Tahun 2021-2026 di ruang rapat Bappeda Kota Palu, Senin, 4 Oktober 2021.

Dalam arahannya, Wawali Reny menargetkan Pemerintah Kota Palu mendapatkan predikat A dalam penilaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP).

“Agar itu bisa tercapai, maka indikator kinerja utama haruslah bisa spesifik, terukur, realiable, bisa dicapai dan memiliki durasi waktu pelaksanaan,” jelasnya.

Olehnya, ia berharap IKU harus bisa dipahami, khususnya menyangkut metode pengukurannya.

“Dan kepada para OPD pengampu beserta seluruh pejabat terkaitnya dapat terus saling bekerja sama mewujudkannya,” jelasnya.

Dalam pengukuran IKU tersebut, kata Wawali Reny, ada beberapa hal yang membutuhkan kerjasama dengan Badan Pusat Statistik Kota Palu untuk pengukurannya, sebab tidak tersedia dalam rilis resmi yang ada selama ini.

“Sehingga membutuhkan sumber daya tambahan agar data tersebut dapat diperoleh dengan kualitas yang baik dan tepat waktu,” ujarnya.

Dalam pertemuan disepakati bahwa Dinas Kominfo Kota Palu sebagai OPD pengampu dalam penyusunan laporan indikator yang dibutuhkan.

“Tentu harapannya, jika ini bisa berjalan secara simultan, maka berbagai tujuan, kebijakan, dan sasaran dalam dokumen RPJMD Kota Palu dapat dioperasionalkan secara akuntabel,” ungkapnya.

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas