Wagub Sulteng, H Ma’mun Amir. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng H Ma’mun Amir menyatakan mendukung percepatan pemekaran Kabupaten Toegan. Hal itu disampaikan Wagub dalam pertemuan dengan Wakil Bupati Tojo Una-Una (Touna) Irham Lawidu, Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay, serta pejabat lainnya saat berkunjung ke Kepulauan Togean, Senin (4/10).

Dia mengatakan pemekaran wilayah di sejumlah wilayah di Provinsi Sulteng sesuai visi misi gubernur dan wakil gubernur.

‘’Sesuai visi dan misi gubernur dan wakil gubernur untuk pemekaran wilayah, salah satunya percepatan pembentukan Kabupaten Togean. Tujuannya untuk mempercepat pembangunan dan pelayanan masyarakat di wilayah Kepualuan Togean,’’ kata Wagub.

Karena itu Wagub mengharapkan pemerintah pusat dapat mengkaji secara menyeluruh percepatan pengembangan pulau yang berpenghuni.

‘’Kalau hal tersebut tidak dilakukan pasti masyarakat kita di kepualuan ini akan lambat menikmati pembangunan,’’ katanya.

Wagub juga mengatakan perlunya sekolah yang berkualitas di wilayah Kepulauan Togean, sehingga kualitas generasi muda di wilayah itu bisa meningkat. Sektor wisata di Touna juga menjadi perhatian pemerintah provinsi.

‘’Saya bersama gubernur akan terus mendorong agar prioritas pembangunan pengembangan destinasi wisata Pulau Togean dapat segera terwujud.

Sekadar diketahui, pemekaran Kabupaten Togean muncul pada tahun 2017 lalu. Bahkan DPRD Touna pada tahun itu telah mengeluarkan rekomendasi dan surat keputusan bupati Touna saat itu.

Daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Togean terdiri dari enam kecamatan yakni Kecamatan Una-Una, Batudaka, Talatako, Walea, Walea Besar, dan Kecamatan Togean. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas