BERBINCANG - Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura (kiri) didampingi wakilnya, Ma’mun Amir dalam suatu kesempatan. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sulteng yang telah mematuhi dengan baik protokol kesehatan (Prokes), sehingga penularan Covid di Sulawesi Tengah dapat ditekan secara bersama.

Hal tersebut disampaikan gubernur saat menyampaikan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbaru di sejumlah kabupaten dan kota di Sulteng, Selasa 5 Oktober 2021. Berdasarkan Instruksi Mendagri tentang PPKM, tak ada lagi daerah di Sulteng yang berstatus PPKM Level 4.

Meski demikian empat kabupaten di Sulteng masih berstatus PPKM Level 3, sedangkan sembilan daerah lainnya sudah masuk PPKM level 2.
Berdasarkan Intruksi Mendagri tersebut, kabupaten dan kota di sulawesi Tengah yang bertatus PPKM Level 2 adalah: Kota Palu, Kabupaten Donggala, Tolitoli, Morowali, Bangkep, Parigi Moutong, Tojo Una Una, Sigi dan Kabupaten Morut. Sedangkan yang masih PPKM Level 3, adalah: Kabupaten Banggai, Poso, Buol dan Kabupaten Banggai Laut.

Gubernur Rusdy menyampaikan rasa syukur ada beberapa kabupaten dan Kota Palu yang sudah masuk Level 2 dan ada empat kabupaten yang masih berada pada level 3.

“Ini semua atas kerja keras dan keseriusan Kepala Daerah Bupati/Wali Kota, Satgas Covid -19, TNI dan Polri, DPRD, Forkopimda, civitas akademik dan media yang terus melakukan penanganan Covid dengan baik, dan juga memberikan dukungan untuk terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” kata gubernur.

Meski sudah turun level, namun Gubernur Rusdy tetap meminta semua pihak untuk tidak berpuas diri. Terus mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, tajin cuci tangan dan hindari kerumunan.

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk segera mengikuti kegiatan vaksinasi Covid.

“Vaksin saat ini sudah terdistribusi dengan baik olehnya masyarakat datang untuk segera menerima vaksinasi. Ayo untuk divaksin,” ajak gubernur.

Di bagian akhir, gubernur meminta kepada kepala daerah agar terus memaksimalkan pembelajaran tatap muka di sekolah sesuai SKB 4 Menteri. Dan terus melakukan penataan dan pembinaan untuk peningkatan kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial masyarakat.

“Dan juga efektivitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat, agar dipastikan berjalan dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan,” pungkas gubernur.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusdatina Covid Sulteng angka penambahan kasus Covid di Sulteng melandai. Pada Senin 4 Oktober 2021 terjadi penambahan sebanyak 45 kasus. Penambahan terbanyak dari kabupaten Poso sebanyak 22 kasus, disusul Banggai enam kasus dan Kota Palu empat kasus.

Sementara pasien Covid yang sembuh bertambah 160 orang. Yang terbanyak dari Kabupaten Donggala sebanyak 41 orang, kemudian Buol 36 orang, Poso 28 orang, Parigi Moutong 18 orang, Sigi 11 orang, Tojo Unauna tujuh orang, Tolitoli empat orang dan Kota Palu tiga orang.

“Total keseluruhan pasien Covid di Sulteng yang sembuh sebanyak 44.291,” sebut juru bicara Pusdatina Covid Sulteng, Adiman.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, karena ini kunci dari pencegahan penyebaran Covid,” kata Adiman.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas