SERAHKAN BANTUAN - Ketua PKK Sulteng menyerahkan bantuan pencegahan Covid kepada PKK Kabupaten Tojounauna, Senin 4 Oktober 2021. (Foto: Admin Pimpinan)

Ampana, Metrosulawesi.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, Ma’mun Amir meminta kepada pemerintah kabupaten untuk terus memastikan kepatuhan masyarakatnya terhadap protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid.

“Satgas Covid bekerjasama dengan TNI dan Polri terus melaksanakan pengendalian protokol kesehatan masyarakat agar penularan Covid benar-benar kita pastikan penularannya sudah tidak terjadi,” kata Wagub dalam pertemuan bersama Pemda Tojo Unauna (Touna) di Ampana, Ahad 3 Oktober 2021.

Hadir pada pertemuan yang membahas soal penanganan Covid itu, Wakil Bupati Touna Irham Lawidu, Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay, dan kepala sejumlah OPD. Wagub sendiri didampingi Staf Ahli Bidang Pengembangan Wilayah Dahri Saleh dan Ketua PKK Sulteng.

Pada kesempatan itu Wagub memberikan bantuan oksigen konsentrat sebanyak 10 unit, masker medis 8.000 lembar, dan tambahan masker medis dari Dinkes sebanyak 20.000 lembar.

Wagub mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk terus melindungi diri dari pandemi Covid. “Kita lindungi keluarga dan melindungi sesama,” ujar Wagub.

Sementara itu, data yang dirilis Pusdatina Covid Sulteng, Ahad 3 Oktober 2021, jumlah pasien Covid yang sembuh sudah mencapai 44.131 orang.

Juru Bicara Pusdatina, Adiman dalam siaran persnya yang diterima Metrosulawesi, Senin menyebutkan, jumlah pasien yang sembuh pada Ahad 3 Oktober sebanyak 42 orang.

“Pasien Covid yang sembuh paling banyak dari Kabupaten Sigi, sebanyak 16 orang, disusul Kota Palu delapan orang, Parigi Moutong enam orang,” kata Adiman.

Adiman mengatakan, meski sudah dinyatakan sembuh dan dibolehkan kembali ke rumah, namun pihaknya meminta agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah terkena Covid kembali.

Pada Ahad 3 Oktober kata Adiman, warga yang terpapar Covid di Sulteng bertambah sebanyak 17 orang. Terbanyak dari Kota Palu empat orang, kemudian Banggai tiga orang dan beberapa kabupaten lainnya. Jumlah total kasus Covid di Sulteng sebanyak 46.430 kasus.

Sedangkan kasus Covid yang aktif sebanyak 1.564 pasien.

Adiman kembali mengimbau warga untuk tetap patuh prokes.

“Tetap patuhi prokes, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan sebagainya,” katanya.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas