Universitas Tadulako. (Foto: Dok. Metrosulawesi)
  • Universitas Tadulako

Palu, Metrosulawesi.id – Pimpinan Universitas Tadulako (Untad) telah menyepakati untuk Perkuliahan Tatap Muka (PTM), namun untuk pelaksanaannya tergantung kesiapan pihak fakultas.

“Pelaksanaannya diserahkan dari masing-masing fakultas,” ujar Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Untad, Dr Ir H Munari ST SH MM, Minggu 3 Oktober 2021.

Kesepakatan PTM setelah mempertimbangkan pandemi Covid-19 yang telah menurun wilayah Kota Palu. Selain itu, penurunan level PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di daerah ini. Kota Palu misalnya yang sebelumnya PPKM level 4 kini menjadi level 3.

Munari menyebut pihaknya juga telah mendapat perintah untuk pelaksanaan PTM melalui Surat Edaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 4 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan pembelajaran tatap muka tahun akademik 2021/2022.

Yang terbaru, perintah PTM oleh Gubernur Sulteng melalui surat edaran nomor 420/855/SATGAS COVID-19. Gubernur memerintahkan agar dilaksanakan pembelajaran tatap muka dengan tetap berpedoman surat keputusan bersama Menteri Pendidikan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Sebelumnya diberitakan, Untad juga telah menjadwalkan pelaksanaan wisuda offline atau tatap muka akhir Oktober mendatang. Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Untad, Dr Ir H Munari ST SH MM, mengungkapkan semua peserta calon wisudawan wajib melakukan daftar ulang secara online melalui https://bakp.untad.ac.id.

Calon wisudawan yang bisa mengikuti wisuda offline untuk pendaftar angkatan 101 sampai 106. Munari menyebut telah ditetapkan batas waktu pendaftaran ulang sampai 15 Oktober 2021.

“Wisudawan angkatan 101 yang sebelumnya sudah wisuda online bisa ikut. Karena memang sebagian ada yang merasa belum seperti wisuda karena secara online,” ucapnya.

Diperkirakan peserta wisuda angkatan 101 sampai 106 hampir mencapai 7.000 orang. Olehnya pelaksanaan wisuda akan berlangsung dalam beberapa hari dipusatkan di lapangan upacara Untad. Munari mengharapkan semua peserta wisuda tatap muka telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas