TINJAU - Ketua Komisi C DPRD Hi Muslimin Saat mengecek hasil pembuatan saluran air untuk petani Desa Lantapan. (Foto: Istimewa)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Tolitoli Rustan Rewa Sabtu (2/10/2021) mengatakan lahan persawahan di Kecamatan Galang jumlahnya sangat luas sehingga perlu pasokan air yang cukup.

Selain itu diperlukan penambahan saluran untuk air pengairan yang memadai agar tidak ada lagi keluhan dari  petani soal kebutuhan air untuk mengairi sawah mereka.

“Lahan persawahan di Kecamatan Galang jumlahnya ribuan hektar dan boleh dikatakan sebagai produsen penghasil padi terbesar kedua setelah Kecamatan Dampal Selatan,” jelasnya.

Meski demikian, seluas apapun lahan persawahan petani jika tidak ditunjang dengan sarana pengairan yang memadai tentu tidak akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Oleh sebab itu, dinas teknis yang menangani soal pertanian tahun ini melakukan penambahan saluran air di beberapa tempat untuk keperluan petani setempat.

Terpisah, Anggota DPRD Tiga periode di Komisi C dari Partai Nasdem Hi Muslimin kepada wartawan Sabtu 2/10/2021 mengatakan, Dinas TPH adalah mitra kerja Komisi C DPRD. Olehnya itu dirinya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh dinas tersebut dengan menambah sejumlah saluran air di beberapa titik.

“Belum lama ini saya datang mengecek langsung hasil pembuatan saluran air yang telah rampung dikerja di Dusun Miangas Desa Lantapan Kecamatan Galang dan hasilnya sudah  sesuai dengan harapan petani di sana,” jelasnya.

Sementara itu Jumaldi ( 38) petani Desa Lantapan mengatakan dia bersama petani lainnya mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah di perjuangkan oleh Hi Muslimin yang telah mengalokasikan anggaran pokok pikiran (pokir)  di DPRD untuk pembangunan saluran air di wilayahnya.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas