PELUNCURAN - Aplikasi sistem informasi digital pariwisata (SIDITA) Morut resmi dilaunching penggunaannya oleh Wakil Bupati Morut H. Djira K. SPd, MPd, di Puncak Bougenville Kolonodale, Jumat (1/10/2021). (Foto: Istimewa)

Morut, Metrosulawesi.id – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Morowali Utara (Morut) membuat aplikasi yang mempermudah masyarakat dan wisatawan untuk mendapatkan informasi tentang objek wisata di Morowali Utara.

Aplikasi sistem informasi digital pariwisata (SIDITA) Morut itu secara resmi dilaunching penggunaannya oleh Wakil Bupati Morut H. Djira K. SPd, MPd, di Puncak Bougenville Kolonodale, Jumat (1/10/2021).

Wabup merasa bangga atas terobosan yang dibuat dalam rangka pengembangan sektor pariwisata, terutama untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses informasi terkait destinasi wisata yang menarik.

Menurut Wabup, aplikasi seperti ini memang sangat dibutuhkan seirama dengan era digitalisasi seperti sekarang ini.

Namun, penggunaan aplikasi ini juga harus diisi dan dikelola dengan serius dan profesional. Informasi dan kontennya harus menarik agar para wisatawan tertarik datang ke Morut.

“Jangan sampai orang kecewa setelah mengakses aplikasi ini. Jadi isinya harus lengkap dan menarik,” kata Wabup.

Terkait pengelolaan kepariwisataan, Wabup mengingatkan agar semua pihak yang terlibat jangan malu-malu belajar dari daerah lain yang sudah maju dan berkembang.

Ia memberi contoh, Teluk Tomori terkenal memiliki destinasi wisata yang menarik. Tetapi kalau tidak dikelola dengan baik, juga tak ada gunanya.

“Kira berharap jika objek wisata berkembang, tentu akan menguntungkan para pelaku wisata dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Hal yang perlu pula dilengkapi, lanjut Wabup, adalah adanya payung hukum pengelolaan kepariwisataan seperti peraturan daerah (perda), peraturan bupati (perbup) dan aturan pelaksanaan lainnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Morowali Utara, Alfred Rizal Tompira, SPd, MPd, melaporkan dengan adanya aplikasi SIDITA ini diharapkan masyarakat atau wisatawan akan mudah menemukan dan mendapatkan informasi secara luas  mengenai kepariwisataan di Morut.

“Fitur di aplikasi ini akan mempermudah akses pencarian data dan mengenal destinasi wisata. Aplikasi ini dapat pula diunduh melalui HP Android di play store,” jelasnya.

Launching aplikasi SIDITA ini turut dihadiri Kepala Dinas Perikanan Morut Yunber Bamba, Sekcam Petasia, Kepala Desa Kota Badudin Tansala dan sejumlah pejabat lainnya. Tampak hadir pula perwakilan pelaku pariwisata di antaranya DPC Masyarakat Sadar Wisata Morut, Pengurus Himpunan Putra-putri Pariwisata Morut, dan Pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia Morut.

Reporter: Alekson Waeo
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas